Pages

Kamis, 08 Maret 2012

Bangun Pagi Efektif Mengurangi Stres

img


  Jika bisa bangun satu jam lebih awal dari biasanya, artinya memiliki tambahan waktu untuk melakukan segala sesuatu yang perlu dilakukan, sehingga tidak perlu merasa terburu-buru. Tak hanya itu, bangun awal akan memberikan waktu beberapa menit untuk menikmati secangkir kopi atau ketenangan yang menenangkan.

Stres dapat menyebabkan banyak hal dalam hidup, misalnya memperpendek usia dan kerentanan mengalami depresi. Hal-hal sederhana seperti bangun pagi terbukti efektif untuk mengurangi stres dan mulai beraktifitas.

Seperti dilansir about.com, Rabu (6/3/2012), berikut adalah cara-cara menikmati pagi untuk mencegah stres.

Bangun pagi membuat tubuh lebih fokus
Gunakan waktu yang tenang di pagi hari agar dapat fokus pada hal yang benar-benar penting. Menghabiskan waktu 10 menit saja untuk berdoa atau meditasi akan mengurangi stres dan membantu menjaga keseimbangan mental agar kehidupan kerja menjadi lebih baik.

Pilihlah tempat tertentu di rumah untuk melakukan hal ini. Tempat ini haruslah tempat yang nyaman dan bebas dari segala gangguan. Membuat catatan harian dari setiap pengalaman berharga juga dapat membantu. Membaca catatan ini akan mengingatkan saat-saat yang mengharukan dan paling berkesan dalam hidup sehingga dapat menghargai kehidupan.

Bangun pagi memiliki banyak waktu untuk berolahraga
Pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan olahraga atau latihan fisik. Jika menunggu sampai siang hari, berbagai kesibukan akan menyita waktu dan waktu yang tersisa untuk berolahraga lebih singkat.

Habiskan waktu selama 20 menit untuk treadmill, joging, melakukan yoga atau melakukan latihan ringan. Menurut American College of Sports Medicine, latihan kardio 20 menit saja setiap hari dalam seminggu berkhasiat untuk kesehatan jangka panjang bagi kebanyakan orang.

Bangun pagi akan lebih siap beraktifitas
Luangkan waktu untuk menyiapkan diri sendiri sebelum berinteraksi dengan orang lain. Hal-hal yang dapat dilakukan agar segera siap beraktifitas adalah; mandi, menata rambut, berpakaian, dan sedikit bedandan.

Tubuh tidak hanya akan merasa lebih baik ketika meninggalkan rumah dengan penampilan yang menarik, tapi juga dapat memusatkan semua perhatian pada aktifitas berikutnya.Jika konsisten bangun lebih awal setiap hari, stres akan berkurang dan lebih siap beraktifitas.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More