Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

Makanan dan Minuman yang Bisa Picu Migrain

img
  Sakit kepala sebelah atau migrain memang tidak mematikan, namun jika tidak diatasi akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Tidak ada salahnya Anda menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu migrain. Apa saja?

Migrain adalah masalah neurologis yang menyebabkan rasa sakit, mual dan kepekaan terhadap cahaya. Sakit kepala ini dapat melemahkan, kadang-kadang juga didahului gangguan penglihatan, yang dikenal sebagai aura.

Makanan dan minuman tertentu dapat memicu kekambuhan migrain, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (28/1/2012):

1. Produk susu
Makanana atau minuman yang merupakan produk susu umumnya dihubungkan dengan migrain. Menurut SteadyHealth, produk-produk susu mengandung histamin, yang mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan perubahan kimia yang mengarah ke migrain. Mengonsumsi krim asam, yogurt atau buttermilk pada khususnya dapat memicu migrain.

2. Tyramine
Pemicu migrain lainnya adalah makanan yang mengandung tyramine. Tyramine biasanya banyak terkandung dalam keju, mozzarella atau cheddar.

3. Produk daging
Makanan dari produk daging juga bisa menyebabkan migrain. Daging banyak mengandung nitrat yang terkait dengan migrain. Jika Anda menderita migrain, hindari hot dog, pepperoni, sosis, sarden, ham, acar ikan herring, hati ayam, bologna, salami, kaviar, menurut ahli dari University of California, Berkeley. Juga hindari daging yang telah diolah dengan bahan pelunak daging atau saus kedelai.

4. Buah dan sayuran
Buah dan sayuran juga dapat mengandung bahan kimia yang memicu migrain. Buah yang terkait dengan peningkatan frekuensi migrain antara lain pepaya, plum merah, kismis, buah ara dan alpukat matang dan pisang.

Sedangkan sayuran yang sering memicu migrain antara lain kacang polong, bawang merah, bawang putih, kacang panjang, buah zaitun, acar dan asinan kubis.

5. Ragi
Makanan yang mengandung ragi segar juga mungkin bertanggung jawab untuk sakit kepala migrain. Jika Anda memiliki masalah dengan migrain, hindari memakan roti yang baru dipanggang dan makanan yang dipanggang lainnya, seperti donat.

6. Minuman
Beberapa minuman juga dikaitkan dengan sakit kepala migrain. Alkohol, anggur merah, dapat meningkatkan kemungkinan migrain, karena mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai tanin.

Kafein juga merupakan pemicu yang potensial, sehingga orang yang menderita migrain harus menghindari kafein, seperti kopi, teh dan minuman ringan. Coklat juga dapat mengakibatkan sakit kepala migrain.

7. Monosodium glutamat (MSG)
Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah aditif kimia yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan paling sering ditemukan dalam makanan China dan beberapa snack asin. Senyawa ini juga dapat memicu migrain.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More