Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Jangan Buang Bahan-bahan Sisa Masak!

Jangan Buang Bahan-bahan Sisa Masak!
Setelah memasak, biasanya ada saja bahan-bahan yang tersisa. Entah itu kaldu ayam yang terlalu banyak atau makanan kaleng yang hanya dibutuhkan setengah isinya. Rasanya sayang jika dibuang, bagaimana memanfaatkannya.

Solusi yang paling gampang, disimpan dalam freezer. Bagaimana cara menyimpan dalam freezer yang tepat? Cobalah ikuti tips singkat berikut ini:

Irisan bawang
Rendam irisan bawang mentah ke dalam air sebelum dibekukan. Teksturnya akan terjaga. Irisan bawang yang dibekukan begitu saja di dalam freezer akan lembek. Jika ingin digunakan, diamkan dalam suhu ruang terlebih dahulu sampai esnya mencair, baru pakai dalam masakan.

Pasta atau jus tomat
Pasta tomat biasanya dijual dalam kemasan kaleng. Jika masakan Anda tidak memerlukan pasta tomat sekaleng penuh, masukkan sisanya ke dalam cetakan es batu dan bekukan. Saat dibutuhkan, Anda tinggal mengambil beberapa buah pasta tomat beku sesuai keperluan. Untuk jus tomat, bekukan juga di cetakan es batu. Masukkan ke segelas cocktail Bloody Mary agar minuman terasa lebih segar.

Sari lemon dan jeruk nipis
Sisa perasan lemon dan jeruk nipis bisa dituang ke cetakan es batu, lalu dimasukkan ke freezer. Sari jeruk beku ini bisa digunakan untuk masakan atau minuman.

Rempah Daun
Rempah daun yang biasa digunakan sebagai penyedap seperti kemangi, daun salam, dan daun ketumbar bisa disimpan dalam waktu yang lama di freezer. Potong-potong, masukkan ke dalam air, lalu bekukan. Sebelum digunakan, cairkan dulu esnya lalu tiriskan.

Kaldu
Sesudah memasak ayam atau sayuran, jangan buang sisa kaldu yang tidak terpakai. Tuang ke dalam cetakan es batu dan bekukan. Ketika terburu-buru masak, Anda tinggal menggunakan kaldu beku tersebut. Masakan pun tetap lezat tanpa tambahan bahan tidak sehat seperti yang terdapat dalam kaldu buatan pabrik.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More