Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

Google: Memori Eksternal Otak Manusia

Tanpa disadari, sekarang kita menggunakan kapasitas otak kita jauh lebih sedikit ketimbang dahulu. Setelah teknologi memborbardir kehidupan manusia, segala aspek kehidupan berjalan lebih mudah dan kita pun tidak perlu bersusah payah melakukan sesuatu untuk mencari sesuatu. Tidak percaya? Lihatlah dampak yang diciptakan perusahaan besar Google terhadap sendi kehidupan manusia.
Banyak pihak yang menyatakan bahwa kehadiran Google di kehidupan manusia mengubah cara manusia dalam berpikir dan mengingat sesuatu. Deretan fitur yang dimiliki Google, mulai dari Google Images, Google Analytics, Google Calendar, Google Docs, Google Reader, Google Search, Google Maps, hingga Google Translator membuat hampir semua kegiatan manusia menjadi lebih mudah. Itu mendorong manusia sedikit demi sedikit mengubah pola berpikir mereka. Dari pola mengingat informasi yang dibutuhkan menjadi mengingat lokasi di mana mereka bisa menemukan kembali informasi yang dicari.


Sebuah studi menyatakan bahwa fenomena ini memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia. Dari sisi positif, kehadiran Google membuat kita mengingat lokasi penyimpanan semua informasi yang telah kita simpan di dalam komputer dan informasi-informasi tersebut menjadi lebih mudah diakses dari sebelumnya. Selain itu, daya ingat kita yang lemah dan rentan error membuat Google menjadi media yang tepat untuk mengecek kembali kebenaran ingatan kita sehingga meminimalisasi kesalahan. Kelebihan terakhir, kemudahan mengakses informasi terbukti tidak selalu melemahkan daya ingat; justru itu membuat ingatan semakin kuat dan dapat menjadi sumber inovasi.

Sayangnya, beragam fitur yang disediakan Google membuat kita tidak lagi mengingat detail sehingga membuat kita akan kebingungan saat kita tidak bisa menggunakan fitur-fitur tersebut untuk membantu kegiatan kita. Kebiasaan bergantung kepada “perkakas-perkakas” Google tersebut juga akan mengganggu proses penggalian dan pemahaman akan sesuatu hal secara mendalam. Terakhir, yang paling penting, tidak semua informasi yang disajikan di Internet adalah benar sepenuhnya. Itu bisa membuat kita tersesat dan mendapatkan pemahaman yang salah akan suatu hal.

Apakah Anda salah satu orang yang sering menggunakan “jasa” Google? Apakah Anda bisa membayangkan hidup tanpa Google? Jika jawabannya “tidak”, berarti Anda telah resmi bergantung kepada media penyedia informasi tersebut!



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More