Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

Hiriko, Mobil Elektrik yang Dapat Dilipat?

Baik di pinggir jalan atau di dalam gedung, jumlah tempat parkir yang tersedia merupakan bagian dari masalah yang dihadapi para pengendara mobil, khususnya mereka yang harus melakukan parkir paralel. Jumlah mobil berukuran besar, baik itu tipe Crossover, SUV, atau Minivan, semakin ramai terlihat di jalan. Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan penggunaan tempat parkir?


Basque businesses, pemerintahan Spanyol, dan MIT Media Lab menawarkan solusi melalui mobil yang dapat dilipat. Konsep mobil elektrik dengan dua jok ini diberi nama Hiriko. Bagian belakang mobil ini dapat disisipkan ke bawah chassis yang membuat mobil ini hanya memakan dua pertiga tempat parkir Smart Fortwo.

Menambah keanehan desain yang diusung mobil ini, penumpang dan pengemudinya dapat keluar-masuk kendaraan melalui satu pintu yang terletak di bagian depan mobil. Hiriko juga tidak menggunakan roda setir konvensional, melainkan sebuah joystick atau roda setir dengan teknologi sentuh. Sama seperti mobil modern kelas menengah ke atas saat ini, Hiriko dilengkapi dengan sistem navigasi.

Saat ini, sejumlah kota di Amerika dan Eropa sedang menjadi tempat percobaan konsep mobil elektrik tersebut. Versi produksinya diharapkan akan mulai diluncurkan pada tahun 2013 di Spanyol dengan biaya sebesar EUR12.500 untuk pembuatan satu mobil Hiriko.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More