Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

PG Elektrus, Mobil Super Lotus Elise dengan Panel Surya

Tim peneliti asal Jepang telah menghadirkan konversi Toyota 2000GT tahun 1967 menjadi mobil bertenaga surya yang ramah lingkungan melalui “Crazy Car Project”. Sekarang, giliran PG, perusahaan manufaktur otomotif asal Jerman, dan perancang mobil, Michael Fröhlich, yang melakukan modifikasi serupa. Namun, mereka tidak mengambil basis mobil super dari Jepang, melainkan dari manufaktur mobil super asal Inggris, Lotus Cars.

Menggunakan mobil Lotus Elise sebagai dasar dari modifikasi ini, PG dan Fröhlich membenamkan motor elektrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 272hp dan torsi 258,2 lb-ft. Bahan yang digunakan untuk tubuh mobil ini pun diganti menjadi serat karbon untuk menurunkan bobot kendaraan. Kombinasi dari dua modifikasi ini menghasilkan sebuah mobil super dengan kecepatan maksimum hingga 300 kilometer per jam. Kemampuan berlari dari 0—100 kilometer per jam pun membutuhkan waktu kurang dari tiga detik. Sebuah pencapaian yang impresif untuk sebuah mobil elektrik.

Akselerasi dan kecepatan yang tinggi tentunya menguras daya baterai lithium-ion yang terbenam dalam modifikasi Lotus Elise yang dinamakan PG Elektrus ini. Para perancang melengkapi PG Elektrus dengan panel surya di bagian belakang mobil untuk pengisian ulang daya baterai. Pihak PG mengklaim bahwa mobil hasil modifikasinya ini memiliki jarak tempuh sejauh 350 kilometer dalam kondisi normal.
Bagi para pencinta mobil balap melihat ketidakhadiran suara mesin dalam kendaraan elektrik sebagai sebuah kekurangan. Untuk memanjakan keinginan hati konsumen, PG membenamkan sistem audio yang dapat mengeluarkan variasi suara mesin, dari V8 hingga mobil balap F1. PG Elektrus telah diproduksi sebanyak 667 unit yang masing-masing dihargai USD312.400.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More