Pages

Senin, 09 Januari 2012

Lapar Tengah Malam? Makan Snack Sehat Ini!

Banyak orang menanggap makan larut malam bisa bikin gemuk. Mereka terpaksa menahan lapar demi mendapat tubuh ideal. Padahal tidak demikian. Masih banyak makanan sehat yang mengenyangkan yang bisa dimakan di tengah malam.

Pekerjaan menumpuk sering membuat kita terpaksa begadang. Biasanya solusi yang paling sering adalah membuat mie instan. Padahal, makanan inilah yang justru bisa menggagalkan diet Anda.

Jika memaksakan diri tidak makan, bisa-bisa Anda tidak konsentrasi menyelesaikan tugas. Lalu, apa yang sebaiknya dikonsumsi agar kenyang tetapi tubuh tidak melar? Cobalah konsumsi makanan ini.

 1. Air putih
Haus sering diinterpretasikan sebagai rasa lapar. Minum segelas air putih untuk mengatasinya. Bisa juga ditambahkan sari lemon atau jeruk nipis yang baik untuk detoksifikasi. Jika 10 menit kemudian Anda masih lapar, barulah makan snack atau minum minuman sehat lainnya.
 
2. Susu 
Ini khusus untuk Anda yang telah menyelesaikan tugas dan didera lapar. Teguk segelas susu rendah lemak yang dapat mengenyangkan sekaligus membuat tidur lelap. Susu mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, sehingga membuat kita mengantuk. Sebagai bonus, Anda memperoleh kalsium dan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang.

3. Biji-bijian utuh
 Seperti susu, karbohidrat juga membuat kita mudah mengantuk karena kandungan tryptophan. Pilihlah oatmeal, sereal, atau roti gandum. Karbohidrat yang sudah diproses seperti pasta, nasi, kentang goreng, dan roti biasa dapat menaikkan gula darah dan membuat tidur menjadi tidak nyenyak pasca pekerjaan selesai.
 
 4. Kacang-kacangan 
Almond, kacang mete, kacang tanah, walnut, dan chestnut bisa Anda jadikan camilan di malam hari. Kacang-kacangan ini kaya serat, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Camilan ini juga dapat menstabilkan gula darah dan mengandung antioksidan tinggi. Sebaiknya pilih kacang yang dipanggang, bukan digoreng, dan memiliki kadar garam rendah atau tanpa garam sama sekali.
 
5. Popcorn
 Popcorn tanpa mentega dan garam berlebihan cocok untuk kudapan malam. Popcorn mengandung karbohidrat kompleks dan rendah kalori, sehingga tidak menyebabkan kembung atau sakit perut.

6. Sayuran
 Sayuran dijadikan cemilan? Coba dulu. Selain kaya vitamin dan mineral, sayuran juga mengandung air sehingga Anda tidak cepat haus saat bangun tidur. Makan sayur banyak-banyak juga tidak membuat gemuk, malah membuat Anda sehat.
 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More