Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Bila Jari-jari Terasa Nyeri di Musim Hujan

img
  Saat musim hujan tiba, orang-orang akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Salah satunya adalah nyeri di tangan, jari-jari atau kaki. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Apa saja?

Nyeri di tangan, kaki dan jari-jari pada musim hujan atau musim dingin sering disebabkan oleh penyakit sendi seperti osteoartritis atau radang sendi, seperti dilansir Livestrong, Rabu (11/1/2012).

Osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan di sendi 'melorot' dari waktu ke waktu. Osteoarthritis dapat mempengaruhi setiap sendi di tubuh, kelainan sendi yang paling sering mempengaruhi tangan, pinggul lutut, punggung, dan leher. Perempuan lebih mungkin menderita osteoarthritis ketimbang laki-laki, begitu juga orang obesitas, atlet dan pekerja yang melakukan gerakan berulang.

Gejala osteoarthritis seperti sakit, nyeri sendi, kaku dan tidak bisa bergerak secara penuh biasanya akan semakin memburuk ketika musim hujan datang. Bahkan, beberapa pasien bisa meramalkan kapan musim hujan akan tiba karena penyakit mereka sudah mulai menampakkan gejala.

Namun, tidak semua nyeri sendi terjadi karena osteoarthritis. Ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan nyeri di sendi.

"Di dalam ilmu kedokteran, keluhan nyeri sendi ini belum khas, tidak spesifik, alias memiliki banyak sekali kemungkinan atau diagnosis bandingnya," jelas dr Dito Anurogo, dokter peneliti hematopsikiatri dan medicopomology di RS Keluarga Sehat, Pati, Jawa Tengah, dalam konsultasi kesehatan detikHealth.

Menurutnya, ada beberapa kemungkinan diagnosis saat ternyata nyeri sendiri, antara lain:

  1. Rheumatoid arthritis
  2. Penyakit jaringan konektif lainnya (misalnya: systemic lupus erythematosus atau SLE, systemic sclerosis, spondyloarthropathies)
  3. Reactive arthritis (misalnya enteropathic arthritis)
  4. Hipotiroidisme
  5. Gout (asam urat)
  6. Infeksi bakteri gonokokus
  7. Osteoartritis onset dini
  8. Fenomena Raynaud
  9. Depresi


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More