Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Museum Batik Iwan Tirta Segera Direalisasikan

detail berita
Salah satu karya Iwan Tirta (Foto: K. Wahyu/okezone)
SEBAGAI apresiasi dan wadah untuk mengenang maestro batik Indonesia dan karya-karya yang ditelurkan Iwan Tirta, sebuah rencana mendirikan museum batik segera direalisasikan.

Iwan Tirta telah berhasil memerkenalkan batik Indonesia ke seluruh dunia. Kemewahan desain tradisional dan kontemporer yang dibawakannya pun berhasil membawa batik ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan kerja keras Iwan Tirta, masyarakat kian mengenal dan lebih mencintai batik.

Meski kini Iwan Tirta telah tiada, namun kerja keras yang ditorehkannya masih dapat bertahan. Terbukti hingga saat ini masih banyak kolektor batik dalam maupun luar negeri yang masih memberikan penghargaan dan menaruh minat yang besar terhadap karya-karya Iwan Tirta. Tidak hanya itu, karyanya juga telah dan masih dipamerkan di beberapa museum besar di mancanegara. Bahkan yang menarik, batik yang tersimpan rapi di Yayasan Pusaka Iwan Tirta pun tetap terjaga dan tetap mengikuti perkembangan tren terkini.

“Perkembangan tren batik yang ada di Yayasan Iwan Tirta mengikuti zamannya. Selama almarhum (Iwan Tirta) masih ada, beliau mengajarkan dan memberikan ilmu-ilmunya kepada kerabatnya sehingga tidak perlu khawatir tentang tren batik tiap tahunnya,” tutur Lydia Kusuma Hendra selaku Direktur PT Pusaka Iwan Tirta di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Tidak hanya pelestarian batik milik Iwan Tirta yang ada di yayasan tersebut, Lydia menuturkan, bahwa pembuatan museum khusus batik untuk mengumpulkan dan memamerkan semua karya milik Iwan Tirta pun sedang dalam perencanaan.

“Iwan Tirta juga memiliki cita-cita dan amanah untuk menjaga kelanggengan budaya batik dan memerluas apresiasi masyarakat Indonesia dan internasional terhadap seni batik Indonesia. Oleh sebab itu, rencana pembuatan museum akan segera kami laksanakan,” tutup wanita berparas ayu ini.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More