Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Pertumbuhan Bayi Kembar di Rahim Sama Cepat dengan Bayi Tunggal

img
Ada anggapan kalau anak kembar mengalami perkembangan lebih lambat di dalam rahim ketimbang bayi tunggal. Tapi ternyata anggapan ini salah, karena perkembangan bayi kembar di dalam rahim itu sama.

Diasumsikan bayi kembar berkembang lebih lambat sehingga menjadi pemicu terjadinya keguguran. Tapi para peneliti menemukan pertumbuhan bayi kembar secepat bayi tunggal di dalam rahim.

Tim peneliti dari University of Nottingham’s School of Clinical Sciences menganalisis pertumbuhan 247 bayi tunggal dan 264 bayi kembar yang dihasilkan melalui bayi tabung di dalam rahim.

Peneliti mengukur pertumbuhan panjang bayi dari atas kepala hingga bagian bokong dalam waktu 12 minggu pertama kemudian saat melahirkan. Hal ini untuk membuktikan apakah asumsi pertumbuhan lambat di awal kehamilan berisiko keguguran.

"Hasil kami menunjukkan bahwa embrio kembar benar-benar tumbuh pada tingkat yang sama seperti halnya embrio tunggal pada tahap awal kehamilan," ujar peneliti Dr Shyamaly Sur, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Rabu (11/1/2012).

Dr Sur menuturkan untuk yang bayi kembar ia dan tim mengikuti sejak perempuan tersebut menjalani perawatan bayi tabung sehingga bisa diketahui secara akurat tanggal kehamilannya dan mengukur pertumbuhan janin.

Hasil studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan British Fertility Society di Leeds, Inggris ini menunjukkan bahwa perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi kehamilan mana yang berisiko mengalami keguguran.

Beberapa hal diketahui bisa menjadi faktor risiko dari keguguran seperti sejarah subfertilitas (kesuburan yang dimiliki), tingkat progesteron, tingkat hormon hCG (human chorionic gonadotropin, yang diproduksi selama kehamilan), panjang janin, seberapa banyak perdarahan yang terjadi serta usia kehamilan bayi.


 Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More