Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Tim Peneliti Jepang Mengubah Toyota 2000GT Menjadi Kendaraan Elektrik

Kelihaian Toyota dalam menciptakan teknologi otomotif dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi sudah dikenali bahkan dari tahun 1967 melalui mobil super 2000GT. Tipe mobil yang pernah digunakan dalam film James Bond, You Only Live Once, ini mengusung mesin 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150hp dan kecepatan maksimum 217 kilometer per jam. Namun, konsumsi bahan bakar mobil ini hanya 13km/liter.


Sebuah tim peneliti dari Jepang mengambil mobil legendaris tersebut dan mengubahnya menjadi kendaraan yang lebih efisien dan “hijau”. Melalui “Crazy Car Project”, para peneliti melengkapi sebuah 2000GT dengan panel surya di atas kap mobil, baterai lithium-ion, dan motor elektrik. Melalui panel surya tersebut, pengguna dapat mengisi ulang daya baterai yang, sayangnya, membutuhkan waktu hingga dua minggu.

Selain mengganti mesin pembakaran menjadi motor elektrik, tim peneliti ini juga memodifikasi tampilan interior Toyota 2000GT. Berbeda dari versi aslinya yang dilapisi bahan kulit, mobil ini menggunakan bahan Alacantara dan mendapat tujuh tolok pengukur tambahan. Untuk memastikan hasil modifikasi proyek “Crazy Car” ini tetap mengeluarkan suara layaknya sebuah mobil super, tim peneliti membenamkan sebuah perangkat yang dapat mengeluarkan suara mesin mobil, pesawat, dan bahkan roket.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More