Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Tumor 90 kg Nguyen Berhasil Diangkat

Foto : Nguyen Duy Hai penderita tumor ganas 90 kg (nytimes)
Foto : Nguyen Duy Hai penderita tumor ganas 90 kg (nytimes)
HO CHI MINH - Tumor 90 kilogram yang bersarang di kaki pria asal Vietnam, Nguyen Duy Hai, berhasil diangkat lewat operasi bedah selama 12 jam. Pria berusia 32 tahun itu saat ini menjalani proses penyembuhan.

Pihak rumah sakit terpaksa memanggil seorang ahli bedah dari Amerika Serikat McKay McKinnon. McKinnon pun membawa delapan orang timnya dan langsung mengoperasi tumor Nguyen. McKinnon sebelumnya juga sempat mengoperasi tumor raksasa milik seorang perempuan para 1999. Demikian seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (6/1/2012).

Tumor Nguyen dikabarkan menjadi tumor terbesar yang pernah muncul di Vietnam. Kaki pria itu juga terpaksa diamputasi demi memudahkan dirinya untuk bergerak. Meski tidak mengandung kanker, tumor itu mengganggu kesehatan jantung Nguyen dan membuat pria itu semakin lemah.

Dana dari operasi itu 100 persen ditanggung oleh McKinnon, karena McKinnon yakin, keluarga Nguyen tentunya tidak mampu untuk membayar biaya operasi yang sangat besar.

"Takut akan kematian adalah hal umum yang dirasakan setiap manusia, termasuk saya. Namun, ketika Dr. McKinnon memutuskan untuk kembali ke Vietnam, harapan saya untuk terus hidup semakin meningkat," ujar Nguyen.

Operasi itu sebelumnya juga sempat dikhawatirkan oleh Nguyen karena resikonya yang sangat besar. Nguyen juga terancam akan meninggal dunia bila operasi pengangkatan tumor raksasa itu mengalami kegagalan.

Meski sudah terbebas dari tumor, masa penyembuhan Nguyen tidaklah sederhana. Nguyen juga harus menjalani perawatan intensif dalam beberapa pekan ke depan dan juga fisioterapi.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More