Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Minum Susu Skim Bisa Mengurangi Sakit Radang Sendi

img
  Arthritis Gout atau penyakit Gout adalah penyakit yang membuat nyeri dan peradangan sendi. Minum susu tanpa lemak atau susu skim dapat membantu mengurangi frekuensi menyakitkan dari munculnya gejala gout.

Susu skim adalah susu tanpa lemak yang bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang terdapat dalam susu. Kandungan lemak pada susu skim kurang lebih 1 persen. Susu skim mengandung semua kandungan yang dimiliki susu pada umumnya, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak.

"Minum susu skim tidak menyebabkan kenaikan berat badan atau peningkatan kadar lemak darah yang berpotensi berbahaya. Maka susu skim dapat berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh," kata para ahli seperti dilansir EverydayHealth, Rabu (25/1/2012).

Gout merupakan bentuk umum dari arthritis, yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Gejala gout seringkali terjadi di jempol kaki. Karena jempol kaki merupakan tempat pertama terjadinya gejala gout.

Hasil penelitian sebelumnya telah menunjukkan risiko lebih tinggi untuk gout terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi produk susu yang lebih sedikit. Selain itu, pada penelitian sebelumnya juga telah menyarankan bahwa GMP dan G600 dapat menurunkan respons inflamasi untuk kristal asam urat.

Jika gout muncul bisa dengan minum susu bubuk skim yang dicampur dengan sekitar 8 ons air dengan rasa vanili untuk dikonsumsi sekali sehari. Para peserta penelitian telah mencatat kapan gejala gout muncul dan pergi ke klinik sebulan sekali. Penelitian tersebut selesai selama 3 bulan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, peserta penelitian yang minum susu skim mengalami penurunan lebih besar dalam munculnya gejala gout dibandingkan dengan peserta dalam dua kelompok lainnya.

Para peserta yang minum susu skim yang telah diperkaya juga memiliki perbaikan yang lebih besar dalam rasa sakit dan kadar asam urat dalam urine-nya. Peserta juga memiliki kecenderungan ke arah perbaikan sendi, yaitu memili sendi yang lebih dapat berfungsi dengan baik.

Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan secara online dalam Annals of the Rheumatic Diseases edisi 23 Januari 2012.

"Penelitian tersebut merupakan percobaan pertama yang secara acak melakukan intervensi diet terkontrol dalam pengelolaan gout. Hasil penelitian tersebut juga menyarankan bahwa asupan harian susu bubuk skim yang diperkaya dengan GMP dan G600 dapat mengurangi frekuensi gejala gout," Nicola Dalbeth, seorang profesor dari department of medicine di University of Auckland, New Zealand.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More