Pages

Rabu, 04 Januari 2012

Review Android App – Tagihan Listrik: Cek Pemakaian Listrik Anda

Dari dulu hingga sekarang PLN tidak pernah melayangkan surat tagihan pemakaian listrik kepada para penggunanya. Bagi user prabayar tentunya hal ini tidak menjadi masalah, tetapi bagi Anda dengan sistem abonemen tentunya akan menjadi masalah karena tidak mengetahui jumlah pemakaian listrik sebelum melakukan pembayaran di loket resmi atau melalui bank yang ditunjuk.


Untuk mengetahui jumlah pemakaian perbulan, para pengguna pascabayar dapat melakukannya dengan cara membuka situs resmi PLN. Tentunya hal ini akan merepotkan bila pengguna tidak memiliki koneksi internet di rumah. Kini, dengan adanya sebuah aplikasi karya anak bangsa bernama Tagihan Listrik, setiap tagihan dapat langsung dilihat dari handphone atau perangkat handphone.

Platform

Samsung Galaxy Tabs 7 Plus
Prosesor: Dualcore @1.2 Ghz
GPU: Mali-400MP
Memory: 16 GB Storage, 1 GB RAM
Network: GSM/Edge/HSDPA
WiLan: WiFi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, dual-band,
Bluetooth: Yes V.3.0 with A2DP, HS
GPS: A-GPS Supported
Display: PLS LCD capacitive touchscreen, 600 x 1024 pixels, 7.0 inches
Camera: 3.15 MP, 2048×1536 pixels, autofocus, LED flash
Secondary Camera: Yes, 2 MP
OS: Android 3.2 (Honeycomb)

Instalasi

Aplikasi karya anak bangsa ini memiliki rating 247 dengan jumlah pengunduh sekitar 10.000 – 50.000. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit ketimban aplikasi umum lainnya. Dari beberapa review yang ada di Android Market Place, sepertinya aplikasi ini bekerja dengan baik dan cukup membantu. Tagihan Listrik memiliki kapasitas file installer sebesar 880 KB dan memakan ruang bebas memory sebesar 1.19 MB.

Fitur

Di era digital ini, rasanya sudah tidak perlu lagi kita mengalami kerepotan dalam memperoleh informasi, begitu pula dengan tagihan pemakaian listrik. Trustudio menanamkan fitur yang menarik untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan seputar tagihan atas pemakaian listrik perbulan di rumah Anda. Berikut kami sampaikan beberapa kelebihan yang dapat diandalkan dari software ini.
Manual Input – Untuk mengetahui jumlah tagihan, Anda diharuskan memasukkan nomor ID pelanggan terlebih dahulu. Input manual dapat dilakukan dengan numpad yang tersedia. Setelah ID dimasukkan, aplikasi ini akan mencari data yang dibutuhkan dan memunculkan jumlah pemakaian dengan keterangan yang cukup detail.

Barcode - Bila perangkat telah terintegrasi dengan sebuah software pembaca barcode, Tagihan Listrik dapat meng-input ID pelanggan dengan cara membaca sederetan kode bergaris yang kini menjadi sebuah standar dalam berniaga. Hal ini akan mempermudah Anda untuk meng-input data pelanggan.
Voice Input - Selain dengan cara manual dan barcode scanner, aplikasi ini memberikan satu cara termudah yang dapat dilakukan untuk meng-input identitas pelanggan yaitu melalui suara. Sebelum hal ini dapat dilakukan, device harus ter-install sebuah software pengenal suara terlebih dahulu.

Bill - Setelah memasukkan ID pelanggan, Anda dapat menekan tombol pencari, kemudian aplikasi ini akan melakukan tugasnya dengan mensinkronisasikan ID dengan database penagihan dan memunculkan informasi yang cukup akurat sehingga pembayaran dapat segera dilakukan. Selama data yang dimasukan benar, informasi yang ditampilkan pun benar adanya.

Pengujian

Perpaduan warna background yang selaras dengan ikon-ikon yang ditampilkan membuat aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan tidak membosankan. Dengan warna yang sesuai dan themes yang menarik, mata Anda akan dimanjakan saat mengoperasikan serta memperoleh data dari server.

Bila Anda memiliki beberapa ID pelanggan yang harus dibayarkan tagihannya setiap bulan, aplikasi ini akan menyimpan data yang telah diinput sehingga tidak perlu memasukannya lagi secara manual. Cukup dengan menekan ikon berbentuk folder, Anda dapat memilih ID yang ingin Anda lihat tagihannya.
Tagihan Listrik akan menampilkan beberapa informasi berguna, seperti ID pelanggan, nama pengguna jasa listrik, alamat, daya yang terpasang, tanggal, total pembayaran, dan informasi mengenai perihal pembayaran. Anda dapat menyimpan informasi ini untuk keperluan di masa yang akan datang.

Kami melakukan pengujian secara intensif dan menemukan sedikit kekurangan yang masih dapat dimaklumi. Pengecekan tagihan penggunaan hanya dapat dilakukan tiga bulan ke belakang dari waktu penagihan terakhir. Contohnya, ketika Anda mengecek tagihan di bulan Desember, Anda masih dapat mengeecek histori tagihan sampai bulan Oktober.

Support

Software ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan panduan file dalam bentuk apa pun. Trustudio mempertanggungjawabkan aplikasi ini dengan memberikan beberapa keterangan di situs resminya. Bila Anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi ini, Anda dapat melayangkannya ke info@3trust.com atau menghubungi pihak pengembang melalui 0813-20733682.

Kesimpulan

Dari sekian banyak aplikasi hasil karya anak bangsa, Tagihan Listrik adalah salah satu yang sangat berguna untuk kepentingan rumah tangga. Proses pencarian informasi yang diberikan cukup cepat. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi seputar pemakaian listrik. Daya tarik lainnya adalah aplikasi ini tersedia gratis.

Keterangan

Kategori
Utilities, Tools

Platform
Android 2.1 Keatas

Vendor
Trustudio

Versi
1.2.1



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More