Pages

Selasa, 03 Januari 2012

Review Android Apps – Andro Mouse and Keyboard: Presentasi dengan Perangkat Android

Memiliki mouse dan keyboard wireless memang sangat menyenangkan karena aksesori ini merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat dan menunjang kerja. Selain tidak direpotkan dengan kabel, tentunya juga cukup simple dan tidak banyak memakan ruang di meja kerja. Sayangnya, untuk membeli sebuah aksesori wireless dengan kualitas yang baik, kita harus merogoh saku sedikit lebih dalam dibandingkan membeli sebuah mouse dan keyboard biasa.
Daripada menghamburkan uang untuk membeli aksesori tambahan seperti mouse dan keyboard wireless, Anda dapat meng-install sebuah aplikasi bernama Andro Mouse and Keyboard.

Platform

HTC Aria
NETWORK: GSM/3G/HSDPA
GPS: A-GPS Support
Bluetooth: Yes, v2.1 with A2DP
WiFi: Wi-Fi 802.11 b/g
Prosesor: 600 MHz ARM 11
GPU: Adreno 200
Chipset: Qualcomm MSM7227
Memory: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Display: 320 x 480, 3.2 Inches, Corner Gorilla Glass, Touchscreen
Camera: 5 Megapixel
OS: Gingerbread

Instalasi

Saat browsing di Android Market Place, secara tidak sengaja kami menemukan software ini di bagian Tools. Karena cukup menarik perhatian, kami memutuskan untuk mengunduh aplikasi yang berkapasitas 572 KB ini. Pengujian kali ini menggunakan Andro Mouse and Keyboard versi 2.3 dengan rating 250.

Fitur

Bila Anda sering melakukan presentasi, baik di dalam atau di luar kantor, tentunya membutuhkan mouse dan keyboard sebagai aksesori tambahan. Namun, bagaimana bila peralatan tersebut sering kali terlupakan? Bila hal seperti ini sering terjadi, sudah saatnya Anda beralih ke Andro Mouse and Keyboard. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat di aplikasi ini.

Wireless – Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu kabel dan bahkan tidak membutuhkan keyboard atau mouse untuk membantu melakukan presentasi. Cukup dengan handphone berbasis Android OS, aplikasi ini pun dapat mengoneksikan perangkat melalui Bluetooth ataupun WiFi. Sangat mudah dan tidak merepotkan.

Mouse – Semua fungsi yang dimiliki mouse sesungguhnya direfleksikan dengan baik oleh aplikasi ini. Mulai dari klik kanan, klik kiri, drag and drop, scroll, semuanya dapat dilakukan tanpa masalah ataupun kendala di saat penggunaan. Untuk perangkat multitouch, aplikasi ini dapat melakukan multitap saat mengaktifkan fungsi scrolling.

Keyboard - Anda dapat mengetik dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan PC. Seluruh fungsi seperti qwerty keyboard lengkap dengan berbagai key yang berada di keyboard sungguhan dilakukan dengan baik oleh aplikasi ini. Bahkan fungsi shift, capslock, dan alt dapat berjalan dengan baik dan berfungsi dengan benar sesuai aslinya.

Nums Key – Orang-orang pada umumnya akan menggunakan nums key untuk mempercepat peng-input-an angka. Dari sinilah fitur ini lahir di aplikasi ini. Fungsi multiple nums key tersedia beserta fungsional num lock yang dapat berjalan selaras. Simpel dan sangat mudah digunakan tanpa masalah.

Pengujiian

Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah Anda diharuskan untuk mengunduh dan meng-install Andro Mouse server terlebih dahulu dari www.andromouse.com dari pc karena aplikasi ini tidak dapat berjalan tanpa Andro Mouse server. Semua fungsi dan fitur di Andro Mouse and Keyboard membutuhkan server sebagai simulator dan menjalankan fungsinya.
Untuk fungsi mouse, aplikasi ini memiliki fitur tambahan yaitu auto detect ip. Selain itu, agar mata Anda tidak bosan dengan tampilan yang ada, pihak pengembang menyediakan warna themes yang berbeda-beda. Dengan memanfaatkan rotasi di perangkat, aplikasi ini dapat langsung menyesuaikan keadaan saat potrait atau landscape.
Sebagai freeware, sebenarnya kami cukup heran karena tidak menemukan komersial Ads, mengingat fitur yang ditawarkan memang cukup menggiurkan. Setelah mencari tahu lebih lanjut, ternyata pihak developer mengembangkan versi pro dan menjualnya dengan harga yang relatif murah di Android Market Place.
Dalam versi lite yang kami uji kali ini, kami menemukan beberapa limitasi fitur yang dirasa cukup menyebalkan yaitu tidak dapat mengoneksikan melalui bluetooth dan seharusnya fitur Type to Speech dengan bantuan google speech dapat diperoleh di versi lite. Kami merasa kedua limitasi ini bukan salah satu fitur yang “wah” untuk disertakan di versi pro-nya.
Ke depannya, di versi pro, pihak pengembang menjanjikan beberapa fitur tambahan, seperti browsing, Microsoft remote untuk aplikasi powerpoint slider, dan lainnya. Kami hanya dapat berharap ke depannya versi lite tidak terlupakan dan ikut di-update dengan berbagai fitur tambahan.

Sementara itu, dari berbagai sumber yang namanya enggan disebutkan menyatakan bahwa program ini tidak dapat berjalan di Windows 7. Laporan lainnya juga menyatakan bahwa di SonyEricsson Xperia Play dan Samsung Galaxy, aplikasi ini mengalami crash dan selalu muncul pesan error. Sayangnya, kami tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengujian menggunakan kedua perangkat tersebut. Bila ada rekan-rekan yang telah mencobanya, dapat memberikan masukan tambahan.

Support

Sebenarnya, software ini memiliki file panduan secara offline yang berisi beberapa keterangan mengenai penggunaan Andro Mouse and Keyboard. Bila merasa kurang puas dengan panduan yang disediakan atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini, silahkan mengujungi situs resminya di www.andromouse.com atau dapat melayangkan email ke info@iandrobot.net

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi ini tidak terbatas sebagai aksesori pengganti saat melakukan presentasi saja. Anda dapat menggunakannya sebagai remote media player bila memiliki versi pro dan mengontrol PC saat berada di tempat tidur. Dengan fungsi dan kinerja yang ditawarkan, rasanya sangat disayangkan bila aplikasi ini dilewatkan begitu saja.

Keterangan

Kategori
Desktop, Utilities, Mouse, Keyboard

Platform
Android 2.1 keatas

Vendor
XurajB Labs



Sumber
Versi
2.31

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More