Pages

Kamis, 05 Januari 2012

Tidur Siang Tekan Masalah Kesehatan Mental pada Bayi

detail berita

MOMS, demi menjaga kesehatan buah hati, pastikan balita Anda memiliki waktu untuk tidur siang. Pasalnya dalam sebuah penelitian terbaru dari Universitas Colorado Boulder, balita yang tidak tidur siang akan mengalami peningkatan stres dan lebih besar risikonya terhadap masalah kesehatan mental seumur hidupnya.

Mengapa? Balita membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada orang dewasa, berkisar delapan hingga 18 jam. Sehingga jika balita tidak tidur siang, sama dengan memangkas kebutuhan waktu tidur mereka.

Penelitian dilakukan dengan melihat ekspresi wajah balita yang tidak tidur siang dan tidur siang. Kedua kelompok balita tersebut dibiarkan bermain puzzle. Hasilnya, balita yang tidur siang terlihat lebih dapat menikmati permainan dan memiliki rasa ingin tahu dengan permainan yang dijalankan. Sedangkan balita yang tidak tidur siang terlihat lebih dulu menyelesaikan permainan dengan wajah lelah.

"Studi ini menunjukan kurang tidur akan berhubungan dengan suasana hati. Balita yang kurang waktu tidur, dalam hal ini tidak memiliki waktu tidur di siang hari akan membuat anak mengekspresikan perasaan dengan cara yang berbeda dari anak yang memiliki waktu tidur cukup. Sehingga dari waktu ke waktu, bila terakumulasikan dapat memengaruhi pembentukan perkembangan otak secara emosional," tutur Prof LeBourgeois, sebagaimana dilansir Dailymail, Kamis (5/1/2012).

"Sama seperti gizi yang baik, tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar," imbuhnya.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More