Pages

Kamis, 05 Januari 2012

Tangkal Depresi lewat Nutrisi

detail berita

KONDISI lingkungan yang menginginkan kita menjadi pribadi serbacepat dan kompetitif, sering kali menghadirkan tekanan tersendiri. Stres dan depresi bisa jadi kita alami. Terapi dan pengobatan biasanya yang dipikirkan seseorang saat tak lagi mampu mengontrol tekanan dalam diri. Namun, satu faktor yang sering dilupakan adalah nutrisi. Anda perlu konsumsi makanan yang dapat membantu menjadi bahagia.
Pakar nutrisi Elizabeth Somer, seperti dikutip Thirdage, membagi tujuh tip menangkal depresi lewat pengaturan nutrisi.

- Pastikan setiap makanan mengandung beberapa karbohidrat kompleks.

- Kurangi makanan yang mengandung gula. Gantikan dengan buah segar, sayuran renyah, roti bagel gandum, atau yogurt rendah lemak.

- Kurangi kafein dari kopi, teh, kakao cokelat, cola, dan obat-obatan. Minum lebih banyak air sebagai gantinya.

- Tingkatkan asupan vitamin B6 lewat konsumsi ayam, kacang-kacangan, ikan, pisang, alpukat, dan sayuran berdaun hijau. Juga, mencakup setidaknya dua sumber asam folat dalam tiap porsi makan, seperti bayam, brokoli, jus jeruk, atau lobak.

- Lakukan perubahan secara bertahap, untuk memberi waktu bagi tubuh Anda menyesuaikan diri. Sehingga menjamin pola ini dapat Anda lakukan dalam jangka panjang

- Konsumsi vitamin dosis moderat ganda dan suplemen mineral untuk mengisi kesenjangan gizi

- Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan yang dapat membawa masalah emosional

- Kontrol nutrisi hanya berfungsi sebagai dukungan dari proses penyembuhan secara keseluruhan. Imbangi dengan melakukan olahraga teratur, mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah yang efektif, dan bentuk sistem dukungan sosial yang kuat. Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi kepada terapis atau dokter jika masalah emosional yang mengganggu bertahan dalam jangka panjang.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More