Pages

Kamis, 19 Januari 2012

Trafik Wikipedia Melonjak Selama Protes SOPA

Blackout Wikipedia (Ist)
Jakarta - Wikipedia berbahasa Inggris mengalami lonjakan trafik cukup tinggi selama melakukan blackout, Rabu (18/1/2012)--waktu Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, aksi mematikan situs selama satu hari ini menentang pengesahan undang-undang anti pembajakan SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect Intellectual Property Act (PIPA) di AS.

Peningkatan trafik, disebutkan firma riset Zscaler yang dilansir PC World, Kamis (19/1/2012), dipicu oleh rasa penasaran para pengguna internet yang ingin melihat bagaimana respons Wikipedia.

"Data memperlihatkan lebih banyak orang mengunjungi Wikipedia pada Rabu, hanya untuk melihat seperti apa protes SOPA yang dilakukan ensiklopedia online ini dan beberapa detail mengenai SOPA. Perilaku ini bisa disebut sebagai 'online rubber necking'," tulis Zscaler dalam postingan blog mereka.

Trafik halaman utama Wikipedia pada hari sebelumnya tercatat sekitar 60 persen. Pada Rabu saat melakukan blackout, persentasenya menjadi 85 persen. Sementara itu, trafik halaman SOPA Initiative meningkat dari 15 persen di hari sebelumnya menjadi 45 persen pada Rabu.

Selama masa blackout, Wikipedia berbahasa Inggris versi mobile masih bisa dibuka, untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet yang membutuhkan informasi. Seruan protes ditunjukkan hanya dengan menampilkan banner yang memuat informasi mengenai SOPA dan PIPA.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More