Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Warga Indian Amerika Ternyata Berasal dari Siberia

Foto : Warga Indian Amerika (vincos)
Foto : Warga Indian Amerika (vincos)
LONDON - Altai, sebuah wilayah kecil yang terletak di selatan Siberia, Rusia ternyata menjadi sebuah wilayah di mana para leluhur masyarakat Indian lahir.

"Altai menjadi wilayah yang cukup strategis karena disitulah tempat para manusia datang dan pergi selama ribuan tahun," ujar peneliti dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, Theodore Schurr, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (27/1/2012).

Para ilmuwan mencoba untuk melacak DNA dari para warga Rusia di Republik Altai, Siberia dan ada kesamaan genetik antara mereka dan para masyarakat Indian di Amerika Utara. Menurut studi, sekira 13 ribu hingga 14 ribu tahun yang lalu, manusia purba menyeberangi wilayah Siberia yang diselimuti es, menuju Amerika. Beberapa orang juga mengatakan, Altai adalah tempat tinggal para leluhur Indian Amerika.

Altai sendiri merupakan wilayah yang berdekatan dengan Mongolia, China, dan Kazakhstan. Bila memang fakta ini benar, para leluhur Indian Amerika berarti memiliki gen yang hampir sama dengan masyarakat Asia.

Metode penelitian yang dilakukan oleh Schurr juga sudah cukup rumit. Mereka bahkan meneliti hingga kromosom, namun lewat penelitian itulah dirinya menemukan keterkaitan DNA antara warga Altai dan Indian Amerika.



Sumber


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More