Pages

Sabtu, 02 Juni 2012

Review Western Digital Thunderbolt Duo 6 TB: Breaking the Speed Limit

Sekitar setahun lalu pengguna Apple Mac mulai mengganti workstation dan notebook mereka ke tipe Mac terbaru, dengan iming-iming, di antaranya, interface Thunderbolt yang supercepat. Selama setahun itu juga pengguna Mac menunggu-nunggu adanya peripheral atau aksesoris dengan interface Thunderbolt.

Ya, sementara perangkat USB 3.0 bermunculan bak serangga tomcat, perangkat Thunderbolt masih hampir tak dapat ditemui. Padahal, Thunderbolt menjanjikan banyak hal. Salah satu kelebihan Thunderbolt adalah kecepatan bitrate bidirectional mencapai 10Gbit/detik. Kelebihan lain adalah kemudahan penggunaan karena sistem plug daisy chain (akan dijelaskan nanti).

Setelah penantian yang cukup lama, Western Digital akhirnya memasarkan sebuah storage dengan interface Thunderbolt. Produk ini dinamai WD Thunderbolt Duo dan memiliki kapasitas 4 TeraByte (2x2TB) atau 6 TeraByte (2x3TB). Produk ini bukan produk storage pertama yang dilengkapi interface Thunderbolt, tetapi merupakan yang pertama yang tersedia secara mendunia dan dengan harga yang “masuk akal”. Mari kita teliti produk ini lebih dalam.

My Book Thunderbolt Duo 6TB

Ukuran fisik storage ini lebih langsing dari produk lain yang serupa meskipun memuat dua keping HDD 3,5″. HDD yang digunakan adalah WD Caviar Green, masing-masing dengan kapasitas 3 terabyte.

Casing terbuat dari alumunium dengan finishing doff perak yang sangat menyerupai tampilan Apple Macbook Pro. Karenanya, WD My Book Thunderbolt ini sangat serasi disandingkan di sebelah Apple Macbook.

Di bagian belakang Anda dapat menemukan dua port Thunderbolt dan port DC power. Sayangnya, storage WD ini tidak memiliki port I/O lain, seperti USB 3.0 atau Firewire. Karenanya, produk ini hanya dapat digunakan dengan Apple Mac tipe terbaru, atau PC yang sudah memiliki port Thunderbolt.

Lebih aneh lagi, meskipun hanya memiliki port Thunderbolt tetapi Anda tak akan menemukan kabel Thunderbolt dalam paket penjualan. Anda hanya akan menemukan power adapter dan buku panduan. Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan kabel Thunderbolt merek Apple yang dijual terpisah.



 Feature

Karena ditujukan untuk pengguna Apple Mac, WD My Book Thunderbolt Duo secara default diformat dengan format Mac OS Extended. Jika Anda ingin menggunakannya dengan PC Windows, Anda perlu terlebih dulu mengubah format data ini ke NTFS.

Selain itu, secara default storage ini diset ke RAID 0 yang memberikan kapasitas terbanyak sekaligus kecepatan tertinggi. Anda dapat mengubahnya menjadi RAID 1 (mirroring) yang berarti semua data terduplikat, atau menjadi dua drive terpisah dalam format JBOD.
Port Thunderbolt dirancang bukan hanya untuk peripheral, tetapi juga untuk menampilkan display ke layar external. Untuk menghubungkan perangkat Thunderbolt lebih dari satu, Anda perlu menghubungkan dengan cara daisiy chain.


Seperti pada gambar, kami menghubungkan Mac dengan storage WD via kabel Thunderbolt, kemudian pada port kedua storage WD kami memasangkan monitor LCD via Thunderbolt-HDMI adaptor. Menurut pengujian kami, skema rangkaian seperti ini tak mengurangi kecepatan baca tulis storage dan juga tidak menghasilkan lag pada display. Kudos to Thunderbolt.


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More