Pages

Kamis, 07 Juni 2012

Wine Bisa Timbulkan Serangan Asma

Wine Bisa Timbulkan Serangan Asma

Mungkin beberapa orang menganggap kalau wine dapat menghangatkan tubuh. Namun ternyata jika diminum terlalu banyak bisa membuat orang mengalami serangan asma. Menurut hasil penelitian, asma terjadi karena kandungan sulfit pada wine.

Zat aditif yang satu ini banyak digunakan dalam makanan dan minuman sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan bahteri. Meskipun dapat membunuh bakteri namun zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia.

Hasil sebuah penelitian diperkirakan bahwa 10 persen dari orang yang sensitif dengan sulfit akan mengalami efeknya langsung. Biasanya mereka akan mengalami kemerahan pada kulit, tekanan darah meningkat, saki tperut, mulal dan diare. Bahkan reaksi serius bisa saja terjadi, seperti asma dan shock anafilaksis yang bisa berakibat fatal.

Kandungan sulfit tertinggi juga ditemukan pada buah kering, wine, bir pizza, keripik, selai dan beberapa produk laut atau daging olahan. Sifat sulfit yang asam akan membentuk gas didalam mulut dan kontak langsung dengan air liur. Saat itulah saluran udara menjadi kencang dan mengakibatkan sulit bernapas.

"Mungkin hanya satu dari sepuluh orang yang sensitif dengan sulfit dan sangat rentan bagi penderita asma." ujar Prof. Hassan Vally dari School of Public Health and Human Biosciences in Melbourne. "Sebanyak 90 persen orang mungkin juga tidak mengalami maslaah dengan sulfit," tambah Dr. Adrian Morris, seorang konsultan spesialis alergi di London Medical Centre dan Royal Brompton Hospital.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More