Pages

Rabu, 06 Juni 2012

4 Cara Mudah untuk Atasi Kepanasan



img

  Kondisi cuaca semakin hari semakin panas saja, padahal banyak dari Anda yang harus melakukan aktivitas di luar ruangan, termasuk bekerja dan berolahraga. Hanya gara-gara kepanasan, segala aktivitas Anda itu pun bisa terganggu.

Oleh karena itu, seorang dokter yang memfokuskan keahliannya pada kedokteran olahraga di Cleveland Clinic Sports Health, Susan Joy, M.D. memberikan tips agar Anda tetap merasa aman dan nyaman meski berada dalam kondisi kepanasan seperti dilansir dari menshealth, Rabu (6/6/2012) di bawah ini.

1. Sesuaikan Diri Anda dengan Suhunya
Jika Anda tidak terbiasa berolahraga dalam suhu tinggi, Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan kondisi itu. Faktanya, tubuh Anda membutuhkan waktu 7-10 hari untuk bisa menyesuaikan diri dengan panas matahari, kata Joy.

Jadi ringankan beban Anda ketika memulai aktivitas di hari yang panas, misalnya jika Anda terbiasa berlari sejauh 5 mil sebelum berkeringat, maka berlarilah sejauh 4 mil saja hingga tubuh Anda benar-benar siap menghadapi panas.

2. Waspadai Tanda-Tanda Peringatan
Seiring dengan semakin panasnya suhu di sekitar kita maka berbagai gejala penyakit pun menjadi semakin parah dan kondisi Anda semakin buruk, kata Joy. Jadi cegah hal itu terjadi lebih awal.

Kondisi seperti kelelahan ekstrim, pening, kram, menggigil dan penurunan produksi keringat secara mendadak akibat kepanasan bisa Anda cegah dengan berendam di air dingin atau menaruh es di belakang leher, ketiak dan paha, saran Joy. Anda juga bisa menggunakan air dingin yang diletakkan dalam botol.

3. Koordinasikan Kebugaran Anda
Jika ingin fisik Anda tetap aktif dalam cuaca sepanas ini, rencanakan latihan di pagi buta atau sore hari untuk menghindari komplikasi dari panas. Keluarlah dari rumah sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore karena diantara kedua jam inilah matahari berada pada suhu tertingginya, tandas Joy.

4. Hidrasilah dengan Benar
Tak ada yang bisa memberi Anda hidrasi sebaik segelas air dingin. Namun jika Anda melakukan aktivitas fisik sedikitnya selama 1 jam, maka pastikan Anda mengonsumsi minuman olahraga yang akan mengisi kembali sistem tubuh Anda dengan elektrolit, kata Joy.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah minuman keras. "Jika Anda hanya duduk di bawah sinar matahari dari waktu ke waktu, alkohol akan membuat Anda dehidrasi dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit akibat kepanasan," tambahnya.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More