Pages

Kamis, 05 Januari 2012

5 Tantangan Bagi CEO Baru Yahoo

Jakarta - Ketika mulai menjalani perannya sebagai CEO Yahoo menggantikan Carol Bartz pekan depan, Scott Thompson mungkin hanya punya sedikit waktu untuk membuktikan kemampuannya.

Yahoo telah cukup lama menunggu perubahan, sejak perusahaan internet itu dipimpin tiga CEO sebelumnya, Terry Semel, Jerry Yang dan Carol Bartz. Dan seperti diketahui, ketiganya dipecat karena mereka dinilai tidak bisa melakukan tugasnya.

Untuk mengindari tertimpa nasib yang sama, para analis menilai Thompson perlu menyelesaikan lima tantangan berikut, seperti dilansir ABC News, Kamis (5/1/2012).

1. Menumbuhkan pendapatan Yahoo

Dalam sebuah wawancara setelah penunjukan dirinya sebagai CEO Yahoo, Thompson sendiri mengatakan, menumbuhkan pendapatan Yahoo dia urutkan pada prioritas teratas yang akan dicapainya.

Alasannya, upaya ini akan mengembalikan kredibilitas Yahoo di bursa saham Wall Street dan menurunkan kekhawatiran publik mengenai kurang pengalamannya Thompson di ranah periklanan online yang menjadi sumber pendapatan utama Yahoo.

2. Bekerja dengan seluruh dewan direksi Yahoo

Thompson perlu bekerja sama dengan seluruh dewan direksi Yahoo menuju kesepakatan untuk menjual sebagian besar kepemilikan Yahoo di Asia. Sebelumnya, dewan direksi sudah mempertimbangkan kemungkinan penjualan 35 persen saham perusahaan di Yahoo Jepang dan 42 persen di Alibaba Group di China sejak pemecatan Carol Bartz September silam.

3. Inovasi teknologi

Meski dinilai gagal, Carol Bartz selama kepimpinannya menyelesaikan beberapa pencapaian bagus untuk urusan teknologi dengan beralih ke cloud serta mengintegrasikannya. Thompson bisa memanfaatkan awal yang baik tersebut untuk membawanya ke arah baru.

4. Konten

Yahoo telah berubah menjadi penyedia konten sebagai salah satu hasil upayanya bersaing dengan perusahaan internet lain. Akankah Thompson akan tetap fokus? Atau adakah rencana lain yang disiapkannya dalam memproduksi berbagai konten yang lebih menarik.

5. Definisi

Kita tahu bahwa Yahoo adalah perusahaan media. Namun seperti perusahaan media internet lainnya, Yahoo perlu teknologi atau alat yang dalam menyajikan konten mereka. Thompson perlu mendefinisikan Yahoo yang bisa membuat perusahaan internet ini membedakannya dengan perusahaan sejenis.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More