Pages

Sabtu, 07 Januari 2012

Cellulitis, Infeksi Bakteri Serius pada Kulit

img

Cellulitis adalah infeksi bakteri serius pada kulit yang umum terjadi. Cellulitis muncul sebagai daerah bengkak merah pada kulit yang terasa panas dan lunak, dan dapat menyebar cepat. Kulit pada kaki bagian bawah yang paling sering terkena, meskipun cellulitis dapat terjadi di manapun pada bagian tubuh atau wajah.

Cellulitis dapat hanya mempengaruhi permukaan kulit atau, juga dapat mempengaruhi jaringan di bawah kulit an dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan aliran darah. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar cepat. Oleh karena itu, maka penting untuk mencari perawatan medis segera jika gejala cellulitis terjadi.

Penyebab

Cellulitis terjadi ketika satu atau lebih jenis bakteri masuk melalui celah di kulit. Dua jenis bakteri yang paling umum penyebab cellulitis adalah streptococcus dan staphylococcus. Kejadian infeksi staphylococcus yang lebih serius disebut methicillin resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Meskipun selulitis dapat terjadi di manapun pada tubuh, lokasi yang paling umum adalah kaki bagian bawah. Daerah kulit yang sering terganggu, seperti bagian yang pernah menjalani operasi terakhir, luka, luka tusuk, maag, atau dermatitis. Karena pada bagian tersebut merupakan daerah yang paling mungkin bagi bakteri untuk masuk. Beberapa jenis gigitan serangga atau laba-laba juga dapat menularkan bakteri. Daerah kering, kulit terkelupas juga dapat menjadi titik masuk bagi bakteri.


Gejala

Kemungkinan tanda dan gejala cellulitis meliputi:
1. Kemerahan
2. Bengkak
3. Lunak
4. Nyeri
5. Hangat
6. Demam

Perubahan pada kulit mungkin disertai dengan demam. Seiring berjalannya waktu, daerah kemerahan cenderung untuk meluas. Bintik-bintik merah kecil mungkin muncul di atas kulit yang memerah.

Pengobatan

Pengobatan cellulitis mungkin melibatkan resep antibiotik oral. Perlu untuk berkonsultasi lagi dengan dokter jika setelah 1-3 hari memulai antibiotik untuk memastikan bahwa infeksi merespon pengobatan. Konsumsi antibiotik biasanya hingga 14 hari. Dalam kebanyakan kasus, tanda dan gejala cellulitis hilang setelah beberapa hari.

Jika dalam beberapa hari setelah mengonsumsi antibiotik masih meluas atau jika mengalami demam tinggi, mungkin perlu dirawat di rumah sakit dan menerima antibiotik melalui pembuluh darah (intravena). Biasanya, dokter meresepkan obat yang efektif terhadap kedua streptokokus dan stafilokokus. Dokter akan memilih antibiotik sesuai dengan kondisi pasien.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More