Pages

Selasa, 03 Januari 2012

Emulator Game Arcade kini Hadir di Google Chrome



Di masa lalu, sebuah program browser di komputer hanya berfungsi sebagai akses utama untuk berselancar di dunia maya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, khususnya yang dipelopori oleh Google, browser berkembang menjadi media yang lebih kompleks. Ia tidak lagi hanya menjadi sebuah pintu, tetapi menjelma menjadi sebuah rumah yang lengkap untuk kebutuhan manusia modern saat ini. Lihat saja bagaimana Google Chrome kini mampu terintegrasi dengan banyak hal, dari situs jejaring sosial, video, hingga mampu menjadi media game yang mumpuni. Emulator pun mulai bermunculan di sana.

Jika kita membicarakan cara termudah untuk bernostalgia dengan game lawas di masa modern saat ini, maka emulator selalu menjadi pilihan yang paling tepat. Hal inilah yang ditawarkan oleh sebuah program bernama MAME (Multiple Arcade Machine Emulator). Setelah sempat ditendang dari Apple Application Store karena dianggap melanggar kebijakan Apple, MAME akhirnya hijrah dan menetap di Google Chrome. MAME sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengemulasi game-game lawas di masa kejayaan Arcade di masa lampau. Anda hanya butuh untuk mengunduh aplikasi ini secara langsung di Chrome App untuk mendapatkannya.


Game yang tersedia memang belum banyak. MAME hanya menawarkan sebuah game berjudul Robby Roto untuk menemani user sementara ini. Masalah penggunaan hak cipta ROM menjadi alasan utama mengapa MAME “tidak dibekali” dengan beragam game Arcade keren yang memorable bagi banyak gamer. Untuk menyiasati hal ini, MAME memberikan opsi bagi para user untuk mengunggah (upload) ROM mereka dan memainkan game tersebut secara langsung. Opsi yang lebih “aman”, mengingat hal ini akan menghindarkan sang developer dari semua tuntutan hak cipta yang mungkin terjadi. Jika Anda termasuk gamer yang merindukan sensasi klasik sebuah mesin Arcade, MAME akan menjadi obat penawar yang mujarab. Tentu saja, Anda harus “mencari” ROM yang Anda inginkan terlebih dahulu.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More