Pages

Senin, 02 Januari 2012

FED Alpha: Performa Humvee Konvensional dengan Tingkat Efisiensi yang Tinggi

Pemerintah Amerika Serikat tidak hanya mengajak warganya untuk memilih kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan untuk pemakaian sehari-hari. Mereka pun mulai menerapkan gerakan serupa ke satuan militer mereka dengan sepasang Humvee terbaru yang diberi nama FED (Fuel Efficient Ground Vehicle Demonstrator). Dengan mengandalkan mesin solar dan teknologi hybrid, dua kendaraan militer ini diklaim dapat mengurangi penggunaan bahan bakar hingga 70% dibanding jajaran kendaraan militer konvensional.


Saat ini, kedua Humvee tersebut masih dalam tahap pengembangan oleh TARDEC (Tank & Automotive Research, Development & Engineering) dari satuan militer Amerika Serikat di kota Warren, Michigan. Masing-masing Humvee ini diberi nama “FED Alpha” dan “FED Bravo”, tetapi baru model Alpha saja yang spesifikasinya telah dipaparkan. Model ini dilengkapi dengan mesin diesel 4 silider turbo-charged dari Cummins yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200hp dan transmisi otomatis dengan enam kecepatan.

Walaupun dapat menghemat bahan bakar hingga 70%, performa yang ditawarkan oleh FED Alpha diklaim setara dengan Humvee konvensional yang saat ini digunakan.

Untuk menghidupkan sistem elektrikal dalam FED Alpha, TARDEC meletakkan panel surya di bagian belakang humvee tersebut. Selain itu, FED Alpha juga dilengkapi dengan rangka aluminium, sebuah sistem yang dibenamkan dalam pedal gas untuk memberikan notifikasi berupa getaran ketika humvee telah mencapai kecepatan optimal, serta ban yang turut mengurangi konsumsi bahan bakar sebanyak 7%. Dengan peningkatan efisiensi bahan bakar yang ditawarkan dalam FED Alpha, satuan militer Amerika Serikat dapat menghemat biaya sekitar USD45 juta per tahun.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More