Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Lenovo IdeaPad U300s, Ultrabook yang Menggoda

Lenovo U300s (sha/inet)
Jakarta - Satu persatu vendor komputer jinjing merilis ultrabook yang dijagokannya. Seperti Lenovo IdeaPad U300s yang tampil menggoda.

Ultrabook memang menjadi salah satu lini produk yang mulai gencar diadopsi para produsen komputer jinjing. Setelah Acer S3, Asus Zenbook, kini giliran Lenovo IdeaPad U300s yang mampir ke meja redaksi detikINET.

Ramping depan belakang

Seperti kebanyakan ultrabook lainnya yang memang terlahir ramping di beberapa bagian saja, tapi jika diamati lebih dekat, Lenovo IdeaPad U300s ternyata memiliki ketebalan yang merata di seluruh tubuhnya. Alias ramping depan belakang.

Seluruh tubuh Lenovo IdeaPad U300s dibuat dari bahan alumunium yang berpadu dengan dua varian warna, orange metalic dan grey yang dijajal detikINET.


Makin memikat lagi karena di tepian produk ini dibuat menyerupai buku, jadi mudah dibuka meski hanya menggunakan satu jari saja. Selain tipis, Lenovo IdeaPad U300s juga terbilang ringan dengan bobot sekitar 1,3 Kg.

Usai terpesona dengan tampilannya, kini saatnya detikINET mulai mengeksploitasi bagian tubuhnya. Agak sedikit kecewa, sebab ternyata bahan yang digunakan tidak sekokoh seperti kelihatannya.

Ada beberapa bagian yang terasa tidak rapat, terutama di bagian kanan dan kiri trackpad yang terasa tidak solid. Rentan dan bersuara ketika ditekan, tapi hanya di bagian ini saja sedangkan pada area lain masih terasa normal.


Nyaman Digunakan

Salah satu pertimbangan ketika membeli komputer jinjing adalah, seberapa nyaman produk tersebut digunakan?

Saat menjajal Lenovo IdeaPad U300s untuk membuat tulisan, detikINET mulai merasakan kenyaman dari segi keyboard. Tiap tuts memiliki jarak yang pas, dan tidak brisik ketika dipencet. Hanya saja ukurannya terasa kecil, sehingga berpotensi menimbulkan salah ketik.

Pada area touchpad dibuat cukup lapang, mudah digunakan dengan dua jari secara bersamaan. Kebetulan produk ini juga sudah mendukung multitouch sehingga makin asyik melakukan cubitan untuk memperbesar/memperkecil gambar.

Lenovo IdeaPad U300s juga memiliki sistem pembuangan udara panas dua arah. Tujuannya jelas, agar pengguna tidak merasa kepanasan ketika memangku produk ini.

Ketika dijajal detikINET untuk memutar film High Definition (HD) dalam posisi dipangku, hawa panas ternyata mulai terasa sejak 10 menit film diputar. Meski demikian, temperatur tersebut masih dalam batas wajar untuk sebuah notebook ekstra tipis.


Kualitas Layar dan Suara

Kualitas gambar dari layar 13 inch pada produk ini memang patut diacungkan jempol. Super bening, dengan komposisi warna yang terlihat pas, apalagi ketika digunakan untuk menonton film. Sangat baik.

Tapi masalah timbul saat dipakai di luar ruangan atau di bawah cahaya lampu. Sinar pantulan amat menggangu meski tingkat kecerahan sudah diset pada kondisi maksimal.

Masalah lain juga timbul ketika melihatnya dari samping kiri dan kanan, terlihat ada sedikit penurunan kualitas gambar.

Untungnya, semua masalah itu bisa terobati dengan hadirnya fitur Wireless Display dari Intel. Pengguna bisa melakukan streaming video dari notebook ke televisi atau proyektor. Tapi ingat, dibutuhkan adaptor khusus untuk menikmatinya.

Soal kualitas suara, wajar bila produk ini tidak terdengar menggelegar seperti notebook untuk multimedia. Walau begitu, keluaran suaranya sudah terdengar sangat detail dan renyah.


Performa Oke

Bisa dibilang, IdeaPad U300s merupakan ultrabook paling bertenaga yang ada di Indonesia. Prosesornya menggunakan Intel Core i7-2677 M, RAM 4 GB, dan media penyimpanan tipe SSD 256 GB

Ketika diuji melalui aplikasi PC Mark Vantage produk ini berhasil menorehkan angka sekitar 10.154, paling kencang dibandingkan ultrabook yang pernah diuji detikINET sebelumnya.

Tapi jangan berpikir untuk memainkan game kelas berat melalui IdeaPad U300s. Sebab, kartu grafisnya hanya memakai Intel GMA HD 300 yang cuma bisa memainkan game ringan.

Keunggulan lainnya adalah sistem yang cepat siap pakai ketika dihidupkan dalam kondisi hibernate. Cuma butuh 2-3 detik sebelum pengguna bisa mengunduh email, dan memakai aplikasi yang ada.

Kesimpulannya, dengan kombinasi spesifikasi dan desain yang menarik boleh jadi IdeaPad U300s menjadi salah satu pilihan para calon pemilik ultrabook berkantung tebal. Produk ini sudah mulai dipasarkan sejak Desember 2011 dan dibanderol pada kisaran harga USD 1.699 atau sekitar Rp 15,4 juta.


Kelebihan:
+ Spesifikasi tinggi
+ Desain menarik
+ Kualitas layar

Kekurangan:
- Harga menguras kantung
- View-angle layar terbatas

Spesifikasi IdeaPad U300s


  • Prosesor: Intel Core i7 2677M 1.8GHz L3 Cache 4MB
  • Memori: DDR3 4 GB
  • Media penyipanan: SSD 256GB
  • Kartu grafis: Intel GMA 3000
  • Layar 13.3 inch, 1366×768 pixel
  • Port: USB 2.0, USB 3.0, HDMI dan jack audio 3,5mm
  • Bobot: 1,5 Kg


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More