Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Nokia Beli Developer OS Ponsel Murah

Nokia X1-00 
Jakarta - Tak hanya bergerilya di pasar smartphone, Nokia juga ingin menguasai pasar ponsel murah atau feature phone. Memenuhi ambisinya itu, baru-baru ini vendor asal Finlandia itu membeli developer sistem operasi (OS) untuk lini ponsel murahnya.

Developer bernama Smarterphone itu sebelumnya dikelola dan dinaungi pendanaan modal dan investasi Ferd Capital. Berbasis di Oslo, Norwegia, Smarterphone mengembangkan OS mobile untuk segmen feature phone.

Software yang mereka buat memungkinkan ponsel murah bisa menyajikan user experience yang hampir sama dengan smartphone dan memungkinkan fleksibilitas untuk menyesuaikan software handset ke pasar yang berbeda.

Ferd Capital seperti dilansir Cellular-news, Minggu (8/1/2012) menyebutkan, mereka berinvestasi di Smarterphone pada 2007. Adapun total investasi yang mereka gelontorkan adalah 6,5 juta Euro. Namun mereka tidak menyebutkan nilai akuisisi yang dilakukan Nokia terhadap Smarterphone.

"Pendiri Smarterphone Egil Kvaleberg adalah arsitek software kelas dunia. Timnya yang unik dan direkrut dari berbagai wilayah di Oslo telah menciptakan OS untuk ponsel low-end yang menyajikan fungsionalitas canggih," sesumbar Annar Bohn, selaku manajer investasi Ferd Capital.

Bohn yakin, pasar jangka panjang untuk feature phone masih sangat kuat. Dengan akuisisi oleh Nokia, Smarterphone menurutnya telah menemukan 'rumah' baru yang hebat untuk mereka berkembang.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More