Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

Panduan Menyimpan Pakaian di Lemari

detail berita

MENYIMPAN pakaian di lemari pun memiliki seni tersendiri. Selain mencegah kusut yang hadir, menyimpan busana dengan benar di lemari membuat koleksi busana Anda jadi tahan lama.

Usai dicuci, nasib busana tak berhenti sampai di situ. Aktivitas menyetrika yang telah dilakukan kemudian perlu dibarengi dengan penyimpanan busana dengan benar di lemari. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, panduan berikut dapat Anda coba.

- Sebelum menyimpan, pastikan pakaian telah benar-benar kering agar tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Perhatikan suhu lemari, simpan penyerap air agar lemari tetap kering dan tidak lembap.

- Keluarkan barang-barang dari saku baju sebelum menggantungnya, untuk mencegah perubahan struktur bahan dan juga kontaminasi pada bahan akibat kelunturan atau ketumpahan.

- Simpanlah pakaian Anda di lemari yang bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat. Bersihkan dulu dengan lap kering atau lap basah jika kotor sekali. Alasi bagian lemari yang akan diletakkan pakaian dengan kertas putih.

- Gantung pakaian yang mudah kusut, biasanya yang berbahan katun.

- Jangan menggantung busana yang terbuat dari bahan wol, atau rajut karena akan merusak bentuknya. Sweater dan semua jenis pakaian yang terbuat dari rajutan harus dilipat dan ditaruh di laci atau rak lemari. Jika tidak ada tempat, Anda juga bisa melilitkannya di tangkai gantungan. Tapi, jangan digantung pada gantungan untuk mencegahnya meregang. Jangan lupa masukkan busana berbahan wol ke dalam plastik agar seratnya dapat bertahan lebih lama dan jauh dari ngengat.

- Gantung kemeja dengan kondisi kancing atas, tengah dan bawah terkancing rapat, untuk mencegah peregangan.

- Gaun, kebaya dan jas yang tidak dipakai, cara terbaik menyimpannya dengan menggantung pada gantungan tebal dan lebar, yang tidak meregangkan area bahu. Untuk setelan gaun, kebaya atau jas, bungkus terlebih dulu dengan plastik sebelum digantung. Lipat dan simpan kebaya berbahan lace atau tulle dalam kotak khusus.

- Lapisi busana yang memiliki aksen payet, studs dan bebatuan dengan clothing cover atau plastik agar tak tersangkut dengan busana lain di lemari.

- T-shirt (kaus) sebaiknya dilipat saja. Susun berdasarkan warna agar mudah dicari saat dibutuhkan, sekaligus akan membuatnya  lebih tahan lama dan tidak cepat pudar.

- Pisahkan busana putih dengan yang berwarna lain atau yang terbuat dari bahan jeans agar tak luntur.

- Gantungkan celana panjang atau jeans pada gantungan tebal khusus guna mencegah lipatan horizontal di tengah pipa celana.

- Gunakan gantungan khusus rok yang memiliki klip untuk menjepit pinggang rok. Jadi rok terhindar dari bekas lipatan sekaligus terjaga bentuknya. Selain itu, rok juga bisa digulung dan disimpan di dalam laci.

- Letakkan kamper atau alat penyerap kelembapan di lemari untuk mencegah  timbulnya jamur.

- Bukalah pintu lemari secara berkala dan keluarkan isinya untuk beberapa saat agar tak berjamur akibat kekurangan sirkulasi udara di dalam lemari.





Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More