Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Pedagang China Tularkan Tradisi Makan Nasi

detail berita

BERAS menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia . Adalah pedagang China yang ternyata menularkan tradisi makan nasi, yang merupakan olahan beras, kepada penduduk Indonesia.

Bila ditelusuri, beras ternyata sudah mulai dikonsumsi penduduk Indonesia sejak 2300 SM. Konsumsi beras oleh penduduk Indonesia bermula dari para pedagang China yang masuk Indonesia. Mereka membawa beberapa bahan pokok, termasuk pisang, ubi, kelapa, tebu, dan beras dari negaranya.

Pada mulanya, sekira 2000 SM, makanan Indonesia masih dipengaruhi penggunaan teh, mi, kubis, sawi, dan kacang kedelai, namun para pedagang dari China menjadikan kuliner Indonesia semakin kaya. Demikian seperti dilansir Foodcountry, Rabu (25/1/2012).

Seiring berjalannya waktu, secara perlahan beras mulai menjadi makanan pokok penduduk Indonesia . Produksi beras bahkan meningkat pada 1980-an lantaran para pedagang ini melihat kondisi tanah, udara, serta ketersediaan pupuk yang baik di Indonesia .

Alasan-alasan ini sangat memungkinkan Indonesia menjadi tempat tumbuhnya padi sebagai cikal bakal beras. Dalam perkembangannya, selain bisa diolah menjadi nasi, beras kini tampil dalam varian olahan lain, seperti kue, bihun, dan sebagainya.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More