Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Perbandingan Armored Core V: Playstation 3 VS XBOX 360

Tidak ada pemenuhan “fetish” yang lebih baik bagi gamer penggemar robot-robot raksasa, selain memainkan seri Armored Core yang fenomenal. Pertempuran yang epik dan kebebasan untuk melakukan kustomisasi pada mecha yang Anda miliki menjadi nilai jual paling utama. Setelah menunggu cukup lama dan sempat mengalami beberapa kali penundaan, seri terbaru franchise ini – Armored Core V akhirnya siap dirilis ke pasaran. Sebagai sebuah game yang dirilis secara multiplatform, selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk melihat konsol mana yang mampu menampilkan kualitas game ini secara maksimal. Cara terbaik untuk melakukannya? Tentu saja dengan melakukan komparasi secara head to head.

Hal inilah yang dilakukan oleh Livedoor, situs Jepang yang memang mengkhususkan dirinya untuk membandingkan kualitas game multiplatform. Dari versi demo Armored Core V yang mulai belum lama didistribusikan, Livedoor melakukan komparasi dan uji teknis untuk melihat kinerja kedua konsol ketika menjalankan game buatan FromSoftware ini. Hasilnya? Dari screenshot di bawah ini, Anda juga bisa melihat bagaimana Armored Core V versi XBOX 360 menghasilkan detail dan lighting yang lebih baik, dibandingkan versi PS 3 yang tampak lebih blur. Untungnya hal ini tidak terlalu terlihat signifikan ketika menjajal permainan Armored Core V yang memang didesain cepat. Permasalahan paling utama justru ada framerate pada kedua game ini.



Di masa lalu, seri Armored Core selalu mengusung framerate 60fps untuk memastikan pengalaman bermain yang paling maksimal. Namun, FromSoftware akhirnya memutuskan untuk mengorbankan framerate yang lebih rendah untuk memastikan detail dan visualisasi Armored Core V yang lebih baik. Target awalnya adalah memastikan game ini untuk berjalan di setidaknya framerate minimal – 30 fps. Kenyataannya? Ternyata jauh lebih buruk. Livedoor mencatat bahwa versi XBOX 360 hanya mampu bergerak di 25 fps dan Playstation 3 hanya 20 fps. Framerate seperti ini tentu tidak ideal bagi seorang gamer untuk menikmati sebuah game, apalagi yang bertempo cepat.
Dengan waktu rilis yang sudah sangat dekat, masalah framerate seperti ini tentu menjadi masalah krusial yang harus menjadi fokus perbaikan dari From Software. Semoga saja hal ini tidak sampai berujung pada masalah penundaan rilis seperti sebelum-sebelumnya. Fingers crossed..



Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More