Pages

Minggu, 22 Januari 2012

Pilihan Wine Untuk Tahun Naga Air

Pilihan Wine Untuk Tahun Naga Air
 Selain dirayakan dengan makan besar bersama keluarga, tak ada salahnya Anda bersantai melewatkan tahun baru dengan menyesap wine. Agar suasana Imlek tetap terasa, wine yang dipilih harus bermakna positif.

Tahun naga air dimulai hari ini. Naga adalah makhluk imajiner yang dapat ditemui di beberapa budaya dengan ciri khas masing-masing, namun naga paling identik dengan Cina. Bertepatan dengan datangnya tahun naga air, Shanghai Daily memilihkan wine yang cocok dengan karakteristik naga dalam budaya Cina.

Wine yang klop untuk Imlek tahun ini adalah wine dari anggur yang dipanen pada tahun naga. Karena tahun naga berulang setiap 12 tahun sekali, tahun naga terakhir adalah pada tahun 2000. Jika Anda berani mengeluarkan uang lebih, coba Bordeaux 2000. Atau Anda juga bisa coba champagne dari tahun 1988.

Red wine mengandung tannin untuk memperkuat rasa dan aromanya. Biasanya red wine diminum setelah menyantap daging. Ternyata, dalam bahasa Ibrani, tannin merujuk pada monster air yang menyerupai naga. Maka, saran Shanghai Daily, pilihlah wine yang kandungan tannin-nya kuat untuk tahun naga air yang akan datang.

Naga dalam budaya Cina memiliki 5 jari. Kenapa tak mencoba wine campuran dari 5 macam varian wine? Misalnya beberapa wine Bordeaux merupakan kombinasi dari Cabernet Sauvignon, Merlot, Cabernet Franc, Malbec, dan Petit Verdot. Selain itu juga ada wine Portugis yang mengandung 5 varietas lokal.

Saat perayaan Imlek, ikan biasanya disajikan sebagai perlambang berkah sepanjang tahun. Sebagai teman yang cocok, pilih wine jenis Sauvignon Blanc yang agak asam untuk mengimbangi amis ikan. Shanghai Daily merekomendasikan pasangan wine dengan makanan khas Imlek sebagai berikut:


  • Cloudy Bay Sauvignon Blanc, 2010: hidangan makanan laut yang lezat, seperti tiram mentah atau panggang, lobster kukus atau panggang, dan ikan yang dimasak ala Cina
  • Miguel Torres Fransola Sauvignon Blanc, 2008: hidangan makanan laut yang elegan, seperti ikan atau lobster kukus
  • Casa de Sabicos Alentejo (DOC), 2006: daging asap kaya rempah, seperti bermacam-macam daging asap a la Hunan dan daging sapi a la Sichuan dengan 5 rempah.
  • Joseph Phelps, Insignia, 2006: sajian daging dan keju bercitarasa kuat, misalnya kalkun asap dan roasted game wild pheasant.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More