Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

Sajian Mahal & Manis Khas Imlek

detail berita

TAHUN Baru Imlek menjadi perayaan berbagi kebahagiaan bagi warga Tionghoa. Sebagai bagian dari perayaan, biasanya hadir kuliner dengan rasa serbamanis.

Menurut pakar kuliner Sisca Soewitomo, perayaan Imlek lekat dengan sajian serbamahal dan serbamanis. "Setiap Imlek selalu disajikan makanan terbaik sebab di tradisi Chinese, makanan yang disajikan itu mempunyai arti untuk keluarganya," ucapnya ketika dihubungi okezone, Sabtu (21/1/2012).

Sisca menambahkan, warga keturunan Tionghoa biasanya menyajikan menu sapo, terdiri dari berbahan seafood seperti ayam, udang, ikan, cumi, dan kerang dengan tambahan beberapa sayuran. Menu porsi keluarga ini menjadi lezat dengan bubuhan bumbu jahe, bawang putih, saus tiram, minyak wijen, dan lainnya.

“Intinya, mereka menyajikan makanan yang isinya serbamahal," ujarnya.

Selain makanan serbamahal, Imlek juga menyediakan makanan serbamanis yang bermakna harapan keharmonisan bagi keluarga, semua tersaji dalam buah-buahan dan beragam kue. Sebut saja puding, yang diberi tambahan almond disiram sirup, dan buah-buahan, seperti leci, anggur, dan jeruk. Satu lagi yang tidak ketinggalan dalam perayaan Imlek adalah sajian mi.

"Bagi mereka, mi punya simbol panjang umur. Dikombinasikan dengan sayuran agar selain panjang umur, keluarganya juga selalu sehat," tutupnya.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More