Pages

Kamis, 12 Januari 2012

Tablet PC Stagnan, Ultrabook Siap Jadi Rising Star

Jakarta - Selain pasar smartphone yang masih akan tumbuh pesat, gadget yang diyakini akan menjadi tren di 2012 ini adalah laptop tipis ultrabook. Sementara tablet PC diperkirakan bakal stagnan.

"Kami melihat pasar smartphone semakin kekal, tingkat konsumsinya terus bertambah. Jika pertumbuhan untuk pasar TI seperti laptop dan komputer diyakini Apkomindo bisa tumbuh 30%, maka gadget untuk pasar telko seperti smartphone bisa tumbuh lebih dari 50%," kata Abbi Angkasa Perdana, praktisi pemasaran gadget, di Jakarta, Kamis (12/1/2012).

Untuk pasar smartphone, Abbi memperkirakan dominasi pasar akan dikuasai handset Android dengan market share 50%. Sementara sisanya akan diperebutkan oleh smartphone BlackBerry, iOS Apple, Nokia, dan lainnya.

"Yang jadi tren saat ini adalah ponsel Android murah dari range harga Rp 800 ribu sampai dengan Rp 4 juta. Sedangkan untuk BlackBerry, momentumnya di Indonesia masih bagus, khususnya pasaran yang seharga 'Gemini' di kisaran Rp 1,9 juta hingga Rp 2,5 juta," jelasnya.

Sementara beralih ke gadget lain, tablet PC perkembangannya diproyeksi tidak akan tumbuh signifikan. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya diversivikasi produk.

"Tablet sudah terlalu banyak. Apple bikin iPad, semua akan ikut bikin. Tablet dibilang gagal tidak, tapi tidak signifikan. Pasar jenuh dan stagnan. Malah bisa turun tren penjualannya di akhir tahun nanti," demikian proyeksi Abbi.

Alasan lain yang membuat pasar tablet PC menjadi stagnan ialah dari sisi portabilitas dan fungsinya. "Orang Indonesia untuk megang barang agak besar itu hanya akan jadi perangkat sekunder. Rata-rata tablet kebanyakan difungsikan buat main game. Lebih dari 60% untuk hal yang bersifat fun, belum bisa dijadikan pengganti laptop maupun komputer secara penuh," kata dia.

Di saat stagnannya tablet PC, Abbi memproyeksi yang akan mejadi rising star di awal 2012 ini ialah laptop ultra mobility seperti Macbook Air. "Itu salesnya meningkat terus. Dari angka sales di kita saja sebelum masuk eranya sudah naik 20%. Pasar laptop ultra mobility ini masih bisa naik 30%-40% lagi sampai akhir tahun," pungkas founder dari situs juragangadget.com ini.





Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More