Pages

Kamis, 12 Januari 2012

Prada Phone 3.0: Performa Bukan Segalanya, yang Penting Gaya!

Prada Phone (dado/inet)
Jakarta - Setelah KE850 dan KF900, Prada kembali berkolaborasi dengan LG untuk menciptakan ponsel fashion. Seri ketiga hasil kerjasama kedua vendor itu pun terbukti menghasilkan gadget yang cukup memikat.

Dilihat dari namanya, jelas ponsel Prada yang dibuat oleh LG ini memiliki segmen pasar yang agak berbeda dari gadget Android lainnya, yakni membidik para sosialita. Terlebih lagi untuk mereka yang sudah akrab dengan nama Prada.

Oleh sebab itu, tak heran jika ponsel ini lebih mengutamakan penampilan ketimbang performa. Coba saja tengok bodinya yang ramping, layar yang cemerlang, namun dengan spesifikasi di bawah rata-rata ponsel sekelasnya.


Hasil Rancangan Prada

Konon, meski Prada Phone 3.0 dibuat seluruhnya oleh LG, namun secara desain hingga interface ponsel ini dirancang oleh Prada. Bagaimana rupanya?

Pertama-tama detikINET cukup terkesima dengan bodinya yang tipis, hanya 8,5 mm. Tapi sayang bentuknya kotak, padahal mungkin akan terlihat lebih baik jika ponsel ini tidak memiliki sudut yang runcing.

Ketika digenggam, Prada Phone 3.0 terasa pas di tangan. Bahan dasar yang digunakan serta tepian rangka kokoh berwarna hitam membuat siapa pun pede ketika menggunakannya.


Di bagian belakang terdapat tulisan Prada yang sangat mencolok, sangat berbanding terbalik dengan logo LG yang dibuat sangat low profile.

Bahan dasar bagian belakang, yang juga berfungsi sebagai penutup baterai, merupakan plastik berwarna hitam dengan tekstur kasar. Membuatnya ringan dan tidak licin digenggam.


Bagian atas produk ini terlihat berbeda dari ponsel Android lainnya. Selain ada jack audio 3,5 mm dan tombol power, ada juga port USB yang memiliki penutup. Cukup geser tuas di sebelahnya untuk membuka.

Nah, kalau bagian kiri produk ini mirip dengan kebanyakan ponsel Android lainnya. Hanya ada tombol untuk meningkat/menurunkan volume suara. Cukup menarik bukan?

Namun daya pikat desain itu belum seberapa jika dibandingkan dengan kualitas layarnya, sangat cemerlang. Prada Phone 3.0 menggunakan layar Nova Plus 4,3 inch dengan resolusi 800x480 pixel yang memiliki tingkat kecerahan hingga 800nit. Jauh lebih terang dibandingkan dengan layar Super AMOLED.


Bicara soal layar, produk ini juga memiliki interface yang dirancang khusus oleh Prada. Seluruh icon dan widget pada home screen dibuat dengan warna putih dengan latar belakang hitam. Terkesan aneh waktu pertama kali melihat, namun ternyata cukup asik juga setelah menggunakannya beberapa saat.

Tapi tak semua widget atau icon dibuat seperti itu, aplikasi lain bawaan Android seperti Market, Gmail, Navigation dan lainnya sama ponsel lainnya, masih menggunakan desain referensi Google.

Kemudian untuk antar muka lainnya seperti Contact, Setting, SMS, atau pun Photo Gallery masih mengusung bawaan Android Ginger Bread.


Kualitas Kamera

Selain dari segi desain, kualitas kamera Prada Phone 3.0 ini juga patut diacungi jempol. Hasilnya cukup terang dengan sedikit noise ketika meski digunakan dalam ruangannya, dan ketika dipakai menjepret di luar. Wuiihh.. gambarnya sangat tajam.

Prada Phone 3.0 dibekali kamera 8MP di bagian belakang dan 1,3 MP di bagian depan. Ada beberapa fitur dan efek yang bisa digunakan ketika penguna ingin mengambil gambar, ada Face Detection, White Balance, dan tingkat ISO yang bisa disuaikan.

Sedangkan untuk video, ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 1920 X 1080, alias Full HD. Hasilnya cukup tajam ketika disaksikan melalui ponsel, namun kualitasnya menurun waktu ditayangkan pada layar monitor LED full HD berukuran 23 inch.


Performa yang tidak menonjol

Soal desain dan penampilan, ponsel ini memang jagoannya. Tapi soal performa? Jika dibandingkan dengan ponsel seharga Rp 7 jutaan lainnya bisa dikatakan sedikit tertinggal.

Prada Phone 3.0 menggunakan prosesor dual core 1GHz dengan memori dual channel 1GB. Bukan yang paling canggih memang, namun sudah cukup untuk melahap berbagai konten media.


Sebagai tolak ukur detikINET menggunakan Quadrant, pada aplikasi ini Prada Phone 3.0 memperoleh angka 3214. Sedangkan pada AnTuTu Benchmark berhasil meraih 5102.

Selain itu detikINET juga menjajal memainkan film beresolusi 1280 X 720 pixel dengan 2 jenis format yang berbeda, MP4 dan MKV. Hasilnya? Setiap frame sangat mulus dilewatainya tanpa ada gejala lag sama sekali.

Kesimpulannya, performa memang bukan segalanya bagi Prada Phone 3.0. Ponsel ini memang lebih cocok digunakan kaum hawa yang lebih mementingkan penampilan ketimbang spesifikasi jeroan.

Meski dibuat oleh LG, namun ponsel ini juga menyandang nama besar Prada sebagai merek fashion ternama, jadi memang memiliki nilai tersendiri di mata para fashionista.

Kelebihan:
+ Desain menawan
+ Layar cemerlang
+ Performa cukup

Kekurangan:
- Paling mahal di kelasnya
- Bodi didominasi plastik

Spesifikasi Prada Phone 3.0


  • Sistem operasi: Android Gingerbread
  • Prosesor: Dual core 1 GHz
  • Memori: RAM Dual channel 1 GB / ROM 8 GB
  • Kamera: 8 MP, Autofokus, LED Flash
  • Baterai: 1540 mAh


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More