Pages

Jumat, 20 Januari 2012

Tas Rancangan Leonardo Da Vinci Dirilis

detail berita
Koleksi Leonardo Da Vinci (Foto: Google)

PELUKIS kenamaan Leonardo Da Vinci ternyata tidak hanya mengagumi wanita dalam wujud lukisan Mona Lisa, ternyata dia juga memiliki gairah tersendiri dalam bidang desain mode.

Hal tersebut terungkap dalam potongan-potongan sketsa desain tas tangan yang kemudian disatukan kembali oleh seniman dan ilmuwan, lalu diwujudkan dalam bentuk tas kulit cantik oleh rumah mode asal Florence, Gherardini. Tas rancangan Da Vinci tersebut dinamakan Pretiosa, yang berarti berharga. Penemuan tersebut sontak mengagetkan dua dunia sekaligus, dunia seni dan mode.

“Ini adalah rancangan yang sangat unik dari Leonardo Da Vinci,” komentar sejarawan seni Alessandro Vessozi yang menjabat sebagai Direktur Leonardo Da Vinci Ideal Museum.

Adapun sketsa rancangan tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1978 oleh Carlo Pedretti, mahasiswa yang memfokuskan penelitiannya pada karya-karya Da Vinci. Diperkirakan, sketsa itu digambar pada akhir abad ke-15 atau sekitar tahun 1947. Sketsa itu ditemukan bersama ribuan sketsa lainnya yang menunjukkan imajinasi liar Da Vinci dan pandangannya tentang masa depan.

Dari tangan Pedretti, sketsa berupa potongan-potongan tersebut kemudian disatukan kembali oleh Vessozi dan rekannya, Agnese Sabato.

“Dari ribuan sketsa yang kami pelajari, kami mengetahui bahwa Da Vinci juga merancang beberapa aksesori fashion lain, tapi tas yang dia gambar ini menarik karena mengombinasikan fungsi dan desain dalam gaya yang begitu harmonis, sangat jauh dari gaya yang berkembang pada masa Renaisans,” sebut Vissozi.

Vissozi mengatakan, Pretiosa merupakan sebuah ekspresi modern Da Vinci terhadap teknologi, estetika, dan ide provokatif yang selalu menyertai setiap karyanya. Untuk mewujudkan karya luar biasa tersebut, Vissozi bekerja sama dengan Carla Braccialini dari rumah mode Gherardini, dan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk bisa menghadirkan tas tangan tersebut secara nyata. Namun, kerja keras mereka berbuah manis. Untuk pertama kalinya, tas yang nilai seninya setara dengan lukisan Mona Lisa itu dipamerkan di ajang mode Pitti W di Florence, Italia.





Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More