Pages

Sabtu, 07 Januari 2012

Uji Singkat: Overclocking Ringan Pada AMD Radeon HD 7970

Di artikel “Preview: AMD Radeon HD 7970 3GB”, Anda telah melihat bagaimana kinerja HD 7970 di aplikasi benchmark sintesis. Sambil menunggu artikel review HD 7970 yang lebih lengkap, bagaimana jika kita lihat sekilas kemampuan overclocking-nya. Untuk artikel kali ini, kami hanya melakukan overclocking ringan yang tergolong cukup mudah dilakukan oleh kebanyakan pengguna.

Graphics Card

Untuk artikel overclocking kali ini, selain melibatkan AMD Radeon HD 7970, kami juga melibatkan graphics card Digital Alliance GTX 580 3GB. Alasan kami memilih graphics card ini karena selain memiliki kapasitas memori yang sama dengan HD 7970, graphics card ini juga mampu menembus 1000 MHz.

Digital Alliance GTX 580 3GB

Overclocking


Untuk melakukan overclocking, kami menggunakan aplikasi MSI Afterburner versi terbaru yang telah mendukung AMD Radeon HD 7970. Selain menggunakan aplikasi ini, overclocking juga dapat dilakukan melalui menu Overdrive di Catalyst Control Center.

HD 7970 yang kami gunakan, ternyata mampu mencapai clock GPU sebesar 1000 MHz tanpa perlu menaikkan nilai voltase dan kecepatan kipas.

Meskipun begitu, ternyata peningkatan clock GPU sebesar 75 MHz ternyata masih membuat tangan kami “gatal”. Kami pun mencoba menggeser slider clock GPU hingga posisi paling kanan dan mendapatkan clock GPU sebesar 1125 MHz.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Digital Alliance GTX 580 3GB memang dapat mencapai clock GPU sebesar 1000 MHz. Walaupun begitu, untuk mencapai clock tersebut, kami harus menaikkan nilai voltase dan kecepatan kipas hingga batas maksimal agar graphics card ini dapat bekerja dengan stabil. Sayangnya graphics card ini tidak bisa mencapai clock GPU sebesar 1125 MHz dengan menggunakan pendingin standar. Untuk melakukannya sepertinya diperlukan sistem pendingin yang lebih mumpuni.

Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Halaman berikut tentu dapat menjawab keingintahuan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More