Pages

Selasa, 17 Januari 2012

2,012 Orang Sambut Imlek dengan Bikin Dumpling

2,012 Orang Sambut Imlek dengan Bikin Dumpling
Foto: Wang Haofei​/Xinhua Jakarta - Imlek identik dengan berbagai festival meriah. Belum lama ini, masyarakat Cina membuat dumpling atau jiaozi secara massal. Hal ini dilakukan untuk menyambut tahun naga air yang akan datang sebentar lagi.

Tahun ini, hari raya Imlek jatuh pada tanggal 23 Januari 2012. Di penanggalan Cina tradisional, festival Xiao dirayakan pada hari ke-23 atau 24 dari bulan ke-12. Biasanya, menjelang akhir tahun, orang-orang Tionghoa menyiapkan beberapa makanan khas Imlek, salah satunya adalah dumpling.

Dumpling adalah sajian khas Cina mirip pangsit rebus yang berisi daging atau sayuran. Cara memasaknya bisa direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang. Kita biasa melihatnya dalam hidangan dim sum. Dumpling enak dicocol dengan saus kecap yang dicampur cuka, bawang putih, jahe, sake, saus pedas, dan minyak wijen.

Senin lalu (16/01), warga Cina beramai-ramai memenuhi lapangan di Changchun, ibukota Provinsi Jilin di timur laut Cina. Mereka berbaris rapi menghadap meja panjang, dengan celemek dan topi khas koki sudah terpasang. Tangan mereka belepotan tepung.

Adonan putih berada di tangan. Dengan sumpit, mereka memasukkan isian berupa daging babi, udang, ikan, ayam, sapi, atau sayuran. Kemudian, dumpling tersebut mereka bungkus dengan bentuk setengah lingkaran dan pinggiran berulir, persis pastel.

Sebanyak 2,012 peserta berpartisipasi dalam acara masak terbesar di dunia tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan di area seluas 6,800 meter persegi dan berhasil mencatat rekor di Guinnes World Record.

Menurut masyarakat Tionghoa, dumpling mirip dengan batangan logam atau emas. Oleh karena itulah, semakin banyak dumpling yang dimakan saat perayaan tahun baru, diyakini akan semakin banyak uang yang dihasilkan sepanjang tahun. Saat memakan dumpling, ucapkan harapan untuk mendatangkan kekayaan, yaitu “jaoww-tseye jnn-baoww!”.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More