Pages

Kamis, 05 Januari 2012

Bos Yahoo Lanjutkan Kisah Manis CIO Menjadi CEO

Jakarta - Scott Thompson akhirnya mengakhiri perburuan Yahoo dalam mencari seorang CEO. Mungkin masih banyak yang kurang familiar dengan sosok 54 tahun ini, yang pasti terpilihnya Thompson sekaligus melanjutkan kisah manis seorang bos IT alias chief information officer (CIO) untuk duduk di singgasana chief executive office (CEO).

Thompson sendiri sebelumnya pernah menduduki jabatan sebagai CTO dan CEO di PayPal, executive VP of technology di anak perusahaan Visa yakni Inovant, dan pernah juga menjadi CIO di Barclays Global Investors.

Dilihat dari rekam jejak karirnya, Thompson memang berlatar belakang 'IT banget'. Padahal dari sisi akademis, ia memegang gelar sarjana di bidang akuntansi dan ilmu komputer dari Stonehill College di Boston.

Pun demikian, kemampuannya tak bisa dipandang sebelah mata. Pria berkumis ini terbukti sukses mencetak beberapa prestasi selama memimpin PayPal. Di bawah kepemimpinannya, pengguna PayPal meningkat dari 50 juta menjadi 104 juta. PayPal pun mampu memproses pembayaran sejumlah USD 29 miliar di kuartal 3 2011.

Dengan prestasi yang cukup mentereng itu, tak salah jika raksasa internet sekaliber Yahoo merekurutnya.

Pun demikian, jika ditarik ke belakang, Thompson bukanlah satu-satunya (mantan) bos IT yang mendapat kepercayaan menduduki posisi yang lebih tinggi, yakni CEO. Berikut beberapa figur CIO yang sukses merajut kisah manis menjadi CEO, seperti dilansir Information Week dan dikutip detikINET, Kamis (5/1/2012):

-. Philip Clarke, CEO Tesco
Clarke memulai kiprahnya di Tesco lebih dari 14 tahun lalu melalui program management trainee. Awalnya, ia ditempatkan di divisi supply chain, hingga akhirnya dipercaya menjadi CIO dan CEO perusahaan jaringan supermarket internasional ini pada 2011.

-. John Glaser, CEO Siemens Health Services
Glaser sebelumnya adalah CIO di Partners Health Care, dimana dia mengabdi sampai dua dekade lamanya. Pada tahun 2010, ia baru bergabung dengan Siemens.

-. Dave Hansen, CEO Numara
Di perusahaan yang menjajakan software manajemen IT ini, nama Dave Hansen menjadi salah satu yang mencuat. Hal itu setelah keberhasilan Hansen kala memimpin CA sebagai CIO. Hingga akhirnya Numara meliriknya dan didapuk sebagai CEO pada 2011 lalu.

-. Rob Fyfe, CEO Air New Zealand
Pertama kali bergabung langsung menduduki posisi sebagai CIO, lalu dipercaya untuk naik tingkat menjadi CEO.

-. W. Roy Dunbar, mantan CEO Network Solutions
Dunbar sebelumnya adalah CIO Eli Lilly dan sempat didaulat menjadi 'Chief of The Year' pada tahun 2003 silam oleh InformationWeek. Sempat juga memperkuat MasterCard untuk mengurus divisi teknologi dan operasionalnya. Hingga akhirnya ditunjuk sebagai CEO Network Solutions, perusahaan domain registry dan website hoster.

-. Michael Cappellas, mantan CEO First Data, MCI, dan Compaq
Cappellas sempat menjabat CIO di Compaq. Namun sekarang ia adalah chairman perusahaan joint venture Cisco dan EMC yang diberi nama VCE.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More