Pages

Selasa, 03 Januari 2012

Cara Benar Bersihkan Lobster

detail berita
SELAMA ini, kebanyakan orang membersihkan lobster menggunakan air panas. Padahal, cara itu salah sebab dapat merusak kulit lobster. Lantas, bagaimana trik yang tepat?

Setelah berhasil mendapatkan lobster segar, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah proses pembersihannya. Untuk membersihkan lobster, Anda harus meletakannya pada wadah berisi air dan es batu, seperti cara membersihkan cumi.

Lalu, ambillah sikat berbulu lembut untuk menggosok kotoran pada kulit lobster. Bersihkan secara benar, bisa terlihat dari warna aslinya yang cerah. Meskipun tidak bisa dimakan, kulit lobster menjadi penahan daging yang akan Anda konsumsi, ini tentu akan berpengaruh pada rasanya. Demikian seperti dilansir Ehow.

Kemudian, ambil lap untuk menghilangkan sisa air pada tubuh lobster. Letakkan lobster pada talenan dengan posisi bagian bawah menghadap atas untuk menghindari serangan lobster yang masih hidup. Perlu diketahui, batas ketahanan lobster setelah dimatikan untuk kemudian dimasak sebaiknya tidak lebih dari lima menit.

Langkah selanjutnya, ambil pisau dan masukkan bagian ujungnya ke dalam sendi antara bagian kepala dan tubuh. Ini dimaksudkan untuk memotong saraf utama dan secara tidak langsung lobster akan mati dengan sendirinya.

Setelah itu, lakukan pemutaran searah jarum jam tetapi jangan memilih arah yang berlawanan agar daging lobster tetap utuh, bagian ekor lobster pun tidak akan terbuka. Baru kemudian, Anda memotong bagian ekor agar bisa membuka secara keseluruhan bagian daging lobster, potong bagian kaki dan tangan lobster dengan pisau Anda.

Untuk bagian sisa yang belum terpotong, gunakan gunting agar Anda mendapatkan bagian daging yang utuh. Jika tidak bisa, Anda bisa langsung meminta kepada pelayan tempat dimana Anda membeli lobster, tapi segera bawa pulang lalu diolah.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More