Pages

Selasa, 03 Januari 2012

Tips Pilih & Bersihkan Cumi Segar

detail berita
ANDA penyuka olahan berbahan cumi? Sebelum diolah menjadi makanan lezat, penting untuk Anda mengetahui kiat-kiat memilih cumi.

Anda harus teliti dalam memilih cumi segar. Ada banyak penjual menawarkan cumi segar, tetapi belum tentu cumi
yang segar itu sangat bagus untuk Anda konsumsi. Cumi, seperti kebanyakan seafood lainnya, harus memiliki bau amis yang sangat kuat.

Setelah mencium aromanya, perhatikan pula kondisi tubuhnya. Pastikan Anda tidak ragu memegangnya di mana tubuh cumi yang bagus akan bertekstur lembut. Perubahan warna cumi menandakan seafood ini sudah mulai tidak layak dikonsumsi. Warna cumi yang baik adalah ungu cerah, bila berwarna putih, pilihlah warna yang terang.

Jika Anda malas membersihkan cumi di rumah, Anda harus memerhatikan cara pembersihan yang dilakukan penjualanya. Namun bila Anda tidak yakin, lakukanlah pengulangan mencuci di rumah. Proses pembersihan cumi sangat berbeda dengan membersihkan jenis makanan laut lainnya. Dalam membersihkan cumi, usahakan Anda menggunakan air yang telah diisi es batu sebab yang berfungsi menjaga suhu tubuh cumi juga mengeluarkan bakteri yang ada di cumi. Demikian seperti dilansir Ehow, Senin (2/1/2012).

Bukan hanya itu, pembersihan menggunakan air juga akan memberikan kesegaran pada tekstur cumi. Kalau ada sisa cumi yang tidak Anda gunakan, sebaiknya simpan cumi di dalam lemari pendingin. Cumi beku akan memertahankan kesegarannya sampai enam bulan.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More