Bagi seorang gamer, tidak ada negara yang mampu menawarkan pesona yang lebih menarik dibandingkan negara matahari terbit – Jepang. Sebagai salah satu sentra industri game terbesar di dunia, Jepang memang terkenal dengan jajaran developernya yang telah melahirkan ratusan franchise game berkualitas dan memorable. Game tidak hanya sekedar menjadi gaya hidup, tetapi sudah menjadi bagian dari “harta” dan “identitas” dari Jepang sendiri. Namun sayangnya, tahun 2011 tampaknya bukan tahun yang baik untuk industri yang satu ini.
Dari data yang dihimpun oleh salah satu perusahaan publisher majalah game terbesar, Enterbrain, tahun 2011 tampaknya menjadi periode yang cukup berat bagi industri game di Jepang. Selama satu tahun, dari tanggal 27 Desember 2010 hingga tanggal 25 Desember 2011, industri game Jepang secara keseluruhan berhasil mencetak total keuntungan hingga 454.380 juta yen. Sebuah angka yang masih terhitung fantastis. Namun kenyataannya, angka ini 8% lebih rendah dibandingkan prestasi yang mampu dicapai Jepang satu periode sebelumnya. Penjualan perangkat keras naik 2,4% menjadi 179.740 juta yen dan perangkat lunak turun drastis 13.7% menjadi 274.640 juta yen.
Data penjualan ini juga mencatat platform dan game apa yang berhasil memuncaki dominasi selama tahun 2011. Siapakah yang menjadi jawara untuk masing-masing kategori?
Platform
- Nintendo 3DS: 4,135,739
- PSP: 1,960,177
- PlayStation 3: 1,467,261
- Wii: 937,451
- Nintendo DS: 711,204
- PlayStation Vita: 402,794
- Xbox 360: 114,075
Games
- [3DS] Mario Kart 7: 1,082,391
- 3DS] Super Mario 3D Land : 1,042,511
- [PSP] Monster Hunter Portable 3rd : 1,021,457
- [3DS] Monster Hunter 3G : 809,322
- [PS3] Final Fantasy XIII-2 : 697,146
- [PSP] Final Fantasy Type-0 : 696,428
- [WII] Minna no Rhythm Tengoku : 633,429
- [PS3] Tales of Xillia : 632,151
- [WII] Wii Sports Resort : 612,807
- [WII] Wii Party : 584,545
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar