Pages

Selasa, 17 Januari 2012

Industri Software Mobile akan Booming

Jakarta - Industri software yang awalnya menggarap pasar korporasi, sekarang berlomba-lomba untuk mengambil pasar konsumen dimana trennya akan lebih mengarah ke pasar aplikasi mobile.

"Pertumbuhan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet PC, jauh lebih pesat dibanding pasar komputer desktop retail dalam beberapa tahun belakangan ini," kata Indra Sosrodjojo, praktisi bisnis software, dalam paparan Software Industri Outlook 2012 di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Hadirnya beragam perangkat gadget mobile seperti smartphone dan tablet PC mau tidak mau membuat industri software juga mengimbanginya dengan membuat berbagai macam aplikasi, mulai dari game hingga aplikasi lain yang bisa mendukung fungsional gadget itu. Peluang bisnis pun tercipta.

"Setelah aplikasi tercipta, langkah berikutnya adalah memikirkan model bisnis kreatif yang mampu meraup pengguna sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar," tandas Indra.

Belanja TI Indonesia sendiri diproyeksi akan mencapai USD 10,2 miliar atau sekitar Rp 92 triliun di 2015 nanti, dengan tingkat pertumbuhan 18% per tahun dalam empat tahun ke depan mulai 2012 ini.

Dimana belanja hardware akan mendominasi sebanyak 70% dan sisanya 30% untuk software dan aplikasi. Namun kecenderungannya belanja TI untuk hardware menurun, dan belanja software aplikasi meningkat.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More