Pages

Selasa, 03 Januari 2012

Ini Dia Cara Racik Kopi Enak

detail berita

MENGONSUMSI kopi sebaiknya tak hanya tahu rasa, tapi juga cara membuatnya. Terdapat beberapa tip mengolah kopi enak untuk Anda pencinta kopi.

Simak cara sederhana meracik kopi enak, seperti diulas Eatingwell, Rabu (4/1/2012):
 
Air


Dalam menikmati kopi, satu hal yang terpenting adalah air. Tanpa air, kopi tidak akan bisa dinikmati. Bila Anda ingin membuatnya di rumah, gunakan air yang bersih karena dapat menentukan kualitas rasa kopi. Tak kalah penting adalah suhu air yang akan digunakan.
 
Pilih penyaring kopi terbaik


Penyaring juga penting dalam langkah meracik kopi enak. Pilihlah penyaring kertas yang dapat menyaring kopi sampai sehalus mungkin.
 
Jangan pelit


Untuk ukuran standar dalam menyeduh kopi, Anda harus mengetahui takaran kopi, yaitu dua sendok makan untuk ukuran enam gelas cangkir. Penggunaan air panas juga ikut menentukan. Bila air yang digunakan kurang panas, maka kopi akan terasa pahit di lidah Anda.
 
Suhu air tidak terlalu panas


Meracik kopi memang dibutuhkan air yang panas, tetapi jangan terlalu panas sebab bisa mematikan rasa kopi sesungguhnya. Bila Anda ingin menyeduh kopi, suhu yang pas adalah 200 derajat farenheit atau 93 derajat celcius. Bila air mencapai suhu 100 derajat celcius, Anda bisa mendiamkannya sebentar setelah dididihkan untuk mengurangi panasnya. Setelah Anda tuangi air panas, kopi sebaiknya segera diseruput agar Anda tahu cita rasa, kualitas, serta aromanya.
 
Gunakan cuka


Setelah Anda selesai membuat kopi, tempat meracik kopi pastinya harus dibersihkan. Anda bisa menggunakan beberapa tetes cuka lalu Anda gunakan lap bersih untuk membersihkannya. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More