Pages

Kamis, 19 Januari 2012

Jeruk, si Manis Segar Pembawa Rejeki

img
Tak afdol rasanya merayakan imlek tanpa menyantap jeruk. Jeruk sudah jadi keharusan untuk dihidangkan saat tahun baru Cina. Jeruk dalam bahasa Mandarin 'chi zhe', 'chi' artinya rezeki, dan 'zhe' berarti buah. Jadi jeruk buah pembawa rezeki.

Selain secara harafiah artinya buah pembawa rejeki, warna oranye cantik juga dianggap sebagai lambang emas yang berkonotasi pada uang. Konon disebut jeruk mandarin karena dulu, jeruk ini hanya disediakan untuk para pejabat di pengadilan Cina kuno. Ada beragam jeruk manis yang biasa disantap sebagai buah segar.

1.Mandarin
Jeruk mandarin bentuknya kecil dengan kulit yang longgar, jadi mudah dikupas. Rasanya manis segar dengan aroma citrus jeruk yang khas. Berasal dari Asia Tenggara dan Filipina, kini jeruk mandarin sudah dikembangkan di banyak negara di seluruh dunia. Jeruk mandarin mengandung serat, vitamin C, folat, dan  vitamin A.
 
2.Tangerine 
Jeruk Tangerine, atau citrus reticulata blanco jdi salah satu jenis jeruk mandarin yang paling populer. Jeruk clementine rasanya manis dan hampir tidak berbiji, dikelilingi dengan membran yang lebih tipis dibandingkan jeruk lainnya. Ada juga jenis lain dari tangerine, yaitu tangelo, paduan antara tangerin dan grapefruit. Kebanyakan jeruk tangerine berwarna oranye tua, bahkan jeruk yang sudah matang ada yang warnanya kemerah-merahan. 

3.Satsuma 
Satsuma adalah jeruk yang bisa tahan terhadap udara dingin. Jeruk ini berasal dari Jepang. Bentuknya mirip-mirip buah pear dengan banyak air dan aroma yang harum khas jeruk. Ada beberapa jenis jeruk satsuma, seperti Owari satsuma yang hampir tidak berbiji, dan Wase yang rasanya manis segar. Owari satsuma termasuk buah yang cepat matang.
 
 4.Clementine 
Ada yang menyebutkan jika clementine ditemukan pada tahun 1902 di Algeria oleh seseorang bernama Clement. Pendapat lain dari seorang ahli botani dari Jepang berpendapat jika jeruk clementine berasal dari China. Clementine banyak berkembang dan diproduksi di Spanyol dan banyak tersedia di Eropa. Jeruk clementine pertama kali diperkenalkan di Amerika sekitar tahun 1909. Clementine tidak berbiji dan rasanya sangat segar. Jeruk clementine juga banyak diolah menjadi buah kering ataupun buah kalengan.
 
5.Rangpur 
Rangpur punya bentuk yang menyerupai jeruk mandarin dan mengandung banyak air di dalamnya. Berbeda dengan jenis jeruk mandarin lain, rangpur rasanya sangat asam. Buah berbiji ini bulirnya bisa dengan mudah dilepaskan dari kulitnya. Karena rasanya yang asam, biasanya rangpur digunakan untuk campuran masakan ataupun diolah menjadi selai.

6.Shantang
 Jeruk shantang yang mungil ini punya rasa yang bervariasi, mulai dari sangat manis, manis sedang, dan juga sedikit asam. Pohon jeruk shantang dalam pot juga sering dijadikan hiasan dalam rumah. Namun hanya pohon pilihan yang berbuah lebat yang cocok jadi hiasan rumah, karena melambangkan kemakmuran yang selalu tumbuh terus. Ada dua jenis jeruk shantang, yaitu shantang daun yang warnanya bervariasi antara orange dan hijau. Biasanya dijual dengan menyertakan daunnya.
 
7.Kumquat 
Bentuknya kecil dan agak lonjong mirip telur, kontras dengan bentuk jeruk lainnya. Jeruk kumquat menebarkan aroma jeruk manis. Jika dikupas, warna buahnya kuning hingga kemerahan dengan daging tebal dan kadang ditemukan biji kecil di dalamnya. Ada beberapa jenis jeruk kumquat, yaitu marumi (kumquat bulat), meiwa (kumquat bulat besar) dan nagami (kumquat oval).




0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More