Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Lenovo K800: Smartphone Pertama yang Dipersenjatai Intel Medfield

Sudah cukup lama berita mengenai ketertarikan Intel terhadap dunia smartphone beredar di dunia maya. Mereka dikabarkan sedang mengembangkan prosesor untuk perangkat mobile. Tahun lalu, Intel sendiri menyatakan akan memberikan bocoran mengenai prosesor yang mereka maksud di awal tahun 2012. Beberapa saat yang lalu, Intel membuktikan janjinya. Intel telah merilis prosesor Atom generasi terbaru, Medfield, yang memang didesain khusus untuk perangkat mobile! Prosesor ini diumumkan di keynote Intel pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2012 yang saat ini sedang berlangsung di Las Vegas, US.

Image Source: Mashable

Selain memperkenalkan Medfield, Intel juga memamerkan produk smartphone pertama yang akan dipersenjatai dengan prosesor tersebut. Smartphone tersebut adalah Lenovo K800! Lenovo K800 akan hadir pertama kalinya di China pada kuartal kedua mendatang. Perangkat ini akan dibawa oleh China Unicom. Lenovo K800 akan menggunakan prosesor Intel Atom Z2460 yang memiliki clock speed 1.6GHz dengan teknologi Intel Hyper Threading, mendukung HSPA+ dengan platform Intel XMM 6260.

Lenovo K800 hadir dengan layar berukuran 4.5 inci dengan resolusi 720p. Selain itu, smartphone ini akan menggunakan sistem operasi Android versi 2.3 yang telah dimodifikasi tampilannya agar dapat memudahkan pengguna di China. Smartphone ini juga telah dilengkapi kamera dengan resolusi gambar sebesar 8 megapixel dengan tingkat ISO sebesar 3200. WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 3.0, dan GPS juga hadir mempersenjatai perangkat ini. Sayangnya, belum ada konfirmasi harga untuk Lenovo K800.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Medfield adalah prosesor Atom generasi berikutnya. Prosesor ini menggunakan proses fabrikasi sebesar 32nm. Prosesor ini didesain untuk perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone. Pertanyaannya, apakah prosesor ini mampu mengalahkan dominasi pasar prosesor perangkat mobile yang selama ini dipegang oleh Qualcomm dan NVIDIA?




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More