Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Mesin Soda Canggih, Bebas Pilih 125 Rasa

Mesin Soda Canggih, Bebas Pilih 125 Rasa
Jakarta - Buat Anda penggemar softdrink, Anda perlu mencoba soda fountain satu ini. Ada ratusan varian soda dan minuman non soda yang bisa dicampur sesuka hati, termasuk varian langka dan baru yang belum pernah Anda coba.

Soda fountain ini bernama Coca-Cola Freestyle. Peluncurannya dilakukan pada Juli 2009 di Utah, Southern California, dan Georgia, Amerika Serikat. Secara bertahap, The Coca-Cola Company terus menambah mesin, memperluas jangkauan, dan menambah varian rasa. Sampai sekarang, Coca-Cola Freestyle tersedia di 1964 lokasi yang tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Ada 125 varian rasa dari 25 merk minuman keluaran The Coca-Cola Company di mesin ini. Mulai dari merk yang sudah mendunia seperti Coca-Cola, Fanta, dan Sprite, hingga produk yang hanya ada di negara tertentu seperti Vault, Pibb, Barq, dan Dr. Pepper. Bahkan Orange Coke dan Dasani water dengan berbagai rasa yang tadinya hanya dijual di Rusia dan negara-negara Baltik, kini tersedia di Amerika melalui soda fountain ini.

Tidak semua softdrink yang tersedia di Coca-Cola Freestyle merupakan minuman soda. Ada pula yang berupa air putih dalam kemasan, jus, minuman bervitamin, dan minuman berenergi. Variannya mulai dari yang original hingga tanpa kalori. Rasanya berbeda-beda, mulai dari strawberry, anggur, jeruk, jeruk nipis, dan fruit punch hingga rootbeer, vanila, raspberry, ceri, dan peach.

Bentuk mesin Coca-Cola Freestyle menyerupai kulkas dua pintu. Di bagian tengahnya terdapat lubang untuk meletakkan gelas, sedangkan di atasnya terdapat layar sentuh untuk memilih rasa dan tombol 'pour' untuk mengucurkan isi minuman ke dalam gelas. Warna mesin ini merah, hitam, atau perak.

Bagaimana 125 varian minuman bisa muat dalam sebuah soda fountain? Ternyata bukan minuman jadi yang ada di dalam mesin ini, melainkan konsentrat. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air dan pemanis, baru dituang ke dalam gelas dan siap diminum.

Uniknya, selain dapat menuangkan minuman, mesin ini juga dapat mengirimkan data supply dan demand ke pihak Coca-Cola dan pemilik toko. Data ini juga termasuk merk apa saja yang terjual, waktu penjualan, informasi troubleshooting, dan data servis.

Cara menggunakan Coca-Cola Freestyle sangat mudah. Letakkan gelas di tengah, tepat di bawah selang tempat keluarnya minuman. Dorong gelas agar es batu keluar dari mesin. Setelah itu, pilih merk dan varian rasa yang Anda inginkan dengan menyentuh layar. Jika sudah, tekan tombol 'pour'. Minuman akan mengalir ke dalam gelas hingga Anda melepas tombol.

Ingin berkreasi? Jangan isi gelas Anda penuh-penuh dengan satu rasa minuman. Pilih rasa lain dan campurkan di gelas yang sama.

Seperti dikutip dari Serious Eats, ada 2 orang pecinta berat soda yang sudah mencoba semua varian dalam mesin Coca-Cola Freestyle. Mereka adalah Carey Jones dan John Edwards. Mereka membagi tugas: Carey meminum diet soda dan John kebagian soda reguler.

Mereka mencoba mesin ini di restoran Five Guys Brooklyn. Di sana tertulis 'free refills', jadi mereka bebas mencoba semua rasa hanya dengan membayar Rp 42.000 untuk dua gelas. Namun, tentu saja mereka tidak menuntaskan misi tersebut dalam waktu sehari.

Mereka menuliskan kesimpulan setelah menenggak semua jenis minuman di mesin itu. Menurut John, Raspberry Coke, Orange Sprite, dan Lime Powerade adalah minuman yang paling enak dibanding yang lain. Sedangkan Carey paling suka Coke Zero Lemon dan Minute Maid Light original yang dicampur dengan Minute Maid Light rasa raspberry dan sedikit Sprite Zero.

Tertarik mencoba? Coca-Cola Freestyle tersedia di restoran fast food, bandara, bioskop, kantin kampus, dan tempat rekreasi di seluruh Amerika Serikat.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More