Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Ternyata Anak-Anak Lebih Suka Makanan Warna-Warni

Ternyata Anak-Anak Lebih Suka Makanan Warna-Warni
Jakarta - Ingin si kecil lebih doyan sayuran dan buah? Susun saja di piring dengan bentuk menarik. Anak-anak ternyata lebih suka makanannya beragam dan berwarna-warni. Inilah hasil riset terakhir dari Cornell University dan London Metropolitan University.

Seperti yang dilansir Latimes, penataan makanan merupakan hal yang sangat menarik anak-anak, meskipun tidak terlalu menarik buat orang dewasa. Riset awal dilakukan pada 23 anak-anak usia 5-12 tahun yang mengikuti summer camp di Ithaca, New York. Ada 48 piring makanan dengan kombinasi berbeda. Mereka diminta memilih yang paling disukai. Hal yang sama dilakukan pada 48 orang dewasa.

Piring yang diperlihatkan berisi makanan dengan jumlah lauk dan warna berbeda. Jenis lauk, posisinya di piring, penuh dan kosong, tertata rapi atau asal-asalan dan penataan dengan membentuk wajah, binatang, bunga, dan lain-lain. Juga variasi makanan seperti telur, buah, daging dan sayuran.

Hasilnya, anak-anak lebih menghargai makanan beragam di piring. Sementara orang dewasa lebih suka 3 makanan yang beragam dengan warna berbeda. Sementara anak-anak suka 6 jenis makanan dengan warna berbeda dari 7 jenis yang disodorkan.

Orang dewasa suka maknaan utama ada di tengah, sementara anak-anak lebih suka di bagian bawah. Anak-anak ternyata sangat suka jika makanan disusun seperti binatang, gambar, karakter kartun, dan ornag dewasa suka yang biasa saja.

Dari hasil itu para peneliti menyarankan untuk memperkenalkan makanan sehat, perlu dipertimbangkan efek visual yang disukai anak-anak. Makin banyak warna dan jenis, makin disukai anak-anak.

'Penemuan kami mendukung anggapan jika anak-anaka hanya 'orang dewasa kecil'', tegas para peneliti. Hasil penelitian ini diharapkan bisa membuka wawasan mereka yang menaruh perhatian pada nutrisi anak. Tampilan yang penuh warna dan elemen bahan makanan yang banyak sangat menarik minat anak-anak.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More