Pages

Selasa, 17 Januari 2012

Microsoft Hadang Linux di Windows 8

Jakarta - Microsoft melakukan banyak perubahan besar pada Windows 8. Salah satunya kemampuan untuk 'menghadang' penggunaan dua sistem operasi, seperti Linux.

Ya, kemampuan tersebut ditanamkan pada Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), yakni sebuah platform yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi.

Nah, untuk bisa menjalankan Windows 8, Microsoft memberi rujukan kepada para produsen chip soal spesifikasi UEFI yang harus digunakan. Salah satunya dengan tidak mengizinkan pengguna memakai sistem operasi lain yang tidak sesuai dengan standar tersebut.

Hal ini tentu akan menyulitkan, tapi bukan tidak mungkin, untuk menggunakan Linux pada komputer yang sudah terinstal Windows 8. Apalagi pada beberapa chip, UEFI akan dikunci sehingga tidak bisa dimodifikasi oleh pengguna.

Soal standar baru UEFI ini masih terus digodok oleh Microsoft, dan menurut bocoran yang didapat Computer World, ada beberapa sistem yang bisa menonaktifkan fitur tersebut.

"Pada sistem non-ARM akan diberikan opsi untuk menonaktifkan secure boot melalui update firmware, sedangkan pada chip ARM hal itu tidak boleh dilakukan," tulis Microsoft, seperti dikutip detikINET, Selasa (17/1/2012).




Sumber

1 komentar:

wah sepertinya, bagi yg suka 2 sistem operasi di pc seperti saya ga bisa lg pasang windows 8 dan linux lagi.

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More