Pages

Selasa, 17 Januari 2012

Operasi Hidung Bikin Orang Terlihat Tampak Lebih Muda

img
  Jika ingin terlihat lebih muda dengan cara operasi bedah, pasien sebenarnya cukup mengoperasi hidungnya. Penelitian menunjukkan bahwa operasi kosmetik pada bagian hidung terbukti membuat penampilan terlihat lebih muda.

Penelitian oleh University of Toronto ini melibatkan 53 orang pasien yang menjalani operasi kosmetik hidung pada sebuah klinik swasta ternama. Klinik ini menyimpan foto pasien tampak depan dan tampak samping sebelum dan sesudah menjalani prosedur operasi.

Tim penilai independen memeriksa foto-foto pasien muda dan paruh baya sebelum dan sesudah menjalani operasi kosmetik pada hidungnya. Mereka rata-rata menilai bahwa pasien tampak 1,5 tahun lebih muda pada foto setelah menjalani operasi. Sedangkan usia pasien pada saat operasi hanya memiliki sedikit pengaruh pada penampilannya.

Kesemua foto sebelum dan sesudah operasi diproduksi dengan kamera, posisi, dan pencahayaan yang sama. Kesemua foto tersebut diperiksa secara terpisah oleh 50 orang pengamat awam yang tak terlatih dalam dua sesi.

Setengah penilai melihat gambar sebelum operasi pertama dan sebulan kemudian melihat foto setelah operasi. Setengah lainnya memeriksa foto dalam urutan sebaliknya. Setiap pengamat diminta menduga usia pasien dari foto tampak depan dan tampak samping yang dipasangkan.

Usia pasien berkisar 15 sampai 61 tahun, dengan rata-rata usia 35 tahun. Sebagian besar pasien berusia 20 sampai 50 tahun. Sekitar tiga perempatnya adalah perempuan.

Kecenderungan tampak lebih muda paling kentara pada 32 pasien yang menjalani operasi untuk menipiskan atau menghilangkan dorsal hump, bagian yang menyerupai punuk di tengah hidung. Pada pasien ini, usianya tampak lebih muda 1,6 tahun, dibandingkan pada 19 pasien yang tak pernah punya dorsal hump yang tampak lebih muda 1,1 tahun.

Operasi untuk merotasi ujung hidung juga membuat pasien tampak lebih muda. Delapan pasien yang menjalani operasi ini terlihat rata-rata 2 tahun lebih muda, dibandingkan dengan tampak lebih muda 1,3 tahun di antara pasien-pasien lainnya.

"Pasien yang lebih tua cenderung menikmati peremajaan yang lebih besar. Tujuan utama dari operasi membentuk hidung kembali ini umumnya untuk meningkatkan estetika wajah secara keseluruhan," kata peneliti, Ali Sepehr, MD seperti dilansir medpagetoday.com, Selasa (17/1/2012).




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More